Air Aki Merah Dan Biru Mana Yang Lebih Bagus ?

Air aki merah vs biru - Aki type basah adalah salah satu jenis aki yang sampai saat ini masih banyak dipakai meskipun tergolong berteknologi jadul.Hal ini bukan tanpa sebab mengingat meskipun aki basah ini perlu rutin dipantau ketinggian cairan elektrolitnya, jika si pemilik kendaraan rutin dalam melakukan perawatan usianya bisa bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan aki model MF.

Advertisement

Cara perawatan aki basah ini sangat mudah walaupun beberapa orang menganggapnya repot yakni wajib rajin memantau ketinggian air aki didalamnya. Apabila air aki berkurang maka kita usahakan sesegera mungkin menambahkan air aki kedalamnya agar ketinggiannya pulang pada batas kondusif.

Perbedaan Air Aki Zuur Dan Air Aki Tambah

Nah pada pasaran sendiri buat air aki yg dijual umumnya dikemas dalam bungkus botol masukkan yang mempunyai label merah dan label biru yg tentu saja memiliki fungsi yang tidak sesuai beda. Jika kalian galau mau menentukan aki botol merah atau aki botol biru, usahakan kalian perlu memahami fungsi dari air tadi & penggunaannya.

Air aki botol merah

Biasa disebut dengan air zuur atau air asam sulfat yang memiliki rumus kimia H2SO4 yaitu larutan elektrolit yang nantinya dapat digunakan sebagai cairan penghantar listrik. Pada dasarnya air aki botol merah ini pun bukan murni H2SO4 karena bagaimanapun juga kadar sulfatnya tak lebih dari 10% nya saja.

Air aki botol biru

Adalah air yang didapatkan dari proses penyulingan dan bebas mineral ( walaupun beberapa ada yang mengandung timbal ), yang biasanya digunakan sebagai cairan penambah volume aki jika volume air pada sel aki mulai berkurang sedikit. Dengan menambahkan air aki botol biru inilah kita bisa mengatur volume air dialam sel aki agar tidak menurun dan habis. Sebab jika sel aki tidak terendam sempurna oleh cairan elektrolik akan menyebabkan suhu aki menjadi panas dan akhirnya akan rusak.

Baca juga : Cara cas aki kering paling gampang

Untuk pengaplikasiannya umumnya air aki botol merah ini digunakan waktu pengisian aki pertama kali dimana aki sebelumnya kosong tanpa cairan. Cukup masukkan air zuur botol merah pada tiap - tiap sel aki sesuai menggunakan batas ketinggiannya, jangan terlalu kurang dan berlebih.

Atau bisa pula dipakai ketika aki kendaraan kehabisan cairan pengaruh anda lalai dalam mengontrolnya, misal saja air aki tinggal seperempat atau bahkan habis nir bersisa. Termasuk juga saat rekondisi aki, dimana prosesnya merupakan mendidihkan aki kemudian membuang semua cairan yang masih ada, kemudian menggantinya menggunakan cairan baru.

Sedangkan buat air aki botol biru digunakan apabila air aki mulai menyusut, misal saja menyusut dibawah batas low level. Jangan sekali - kali menambahkan air aki botol biru kedalam aki yang kehabisan elektrolit, sebab akan menciptakan aki nir sanggup pada cas dikarenakan terlalu banyaknya kadar air didalam sel.

Baca juga : Inilah penyebab air aki cepat habis

Nah semoga berguna.

Posting Komentar

0 Komentar