AIR AKI TAMBAH BISA DIMINUM KAH ?

Apa air aki bisa diminum - banyak orang yang terkadang melakukan hal - hal yang bisa dikatakan sembrono, seperti salah satunya adalah banyak sekali orang yang mengatakan terbiasa meminum air aki tambah atau air aki suling yang berwarna biru. Padahal meminum air khusus untuk menambah volume elektrolit aki ini sangat tidak dibenarkan dan berbahaya.

Advertisement

Dikatakan berbahaya karena air aki tambah atau air aki suling yang biasanya dikemas kedalam botol plastik berwarna biru ini bukanlah air sembarangan, meskipun dari tampilan sekilas mirip dengan air mineral seperti merk aqua.

AIR AKI BISA DIMINUM KAH ?

Pada air aki tambah biasanya oleh pabrikan pengemas ditambahkan senyawa timbal kedalamnya meskipun proses produksinya dilakukan secara destilasi atau penyulingan. Fungsi dari penyulingan ini adalah untuk memurnikan cairan aki tambah tanpa tercampur oleh mineral lain, jadi air aki tambah ini pada mulanya murni benar benar air H2O.

Setalah itu baru untuk membuat cairan ini dapat membuat kinerja aki menjadi lebih baik dan awet, maka ditambahkanlah senyawa timbal (pb) kedalamnya. Jika kalian memperhatikan kemasan air tambah yang dijual dipasaran, biasanya seberapa banyak kandungan timbal akan di tulis di bagian label botol.

Baca juga : Nih perbedaan air aki botol merah dan biru

Yang sangat berbahaya jika sampai timbal yang terkandung didalam air aki tambah ini sampai masuk kedalam tubuh, timbal yang masuk kedalam tubuh akan terakumulasi didalam tulang dan dapat menyebabkan keracunan pada tubuh seperti rusaknya sistem saraf pusat, penurunan daya pikir, terganggunya fungsi kognitif dan lain lain, mengingat timbal adalah sejenis logam yang sangat amat beracun layaknya mercury.

Nah bila memang kalian haus, kenapa tidak meminum air yang memang dikhususkan untuk diminum seperti air aqua, air sumur masak ataupun air dari sumber mata air yang tidak tercemari oleh logam berbahaya ?.

Catatan

Tidak semua cairan aki tambah ini mengandung timbal, ada juga beberapa perusahaan yang mengemas air yang benar - benar murni hasil suling tanpa penambahan timbal. Jadi kalian wajib mencari dan membaca label yang tertera pada kemasannya ya sebelum coba - coba meminumnya bila memang lebih suka minum air aki dibandingkan air mineral.

Baca juga : Kasus aki mobil meledak, apa sih penyebabnya ?

Posting Komentar

0 Komentar