Alasan Ban Harus Diganti Tiap 5 Tahun

Info - pernahkah kalian mendengar atau membaca informasi mengenai ban mobil yang disarankan di ganti tiap 5 tahun sekali meskipun kembang ban masih terlihat bagus ? Kira - kira apa sih alasannya ?

Advertisement

Alasan penggantian ban ini majemuk dengan alasan yang terdapat sangkut pautnya dengan keamanan tau paling aman. Nah beberapa hal dibawah ini adalah alasan kenapa usahakan ban tunggangan beroda empat diganti secara periodik minimal tiap lima tahun sekali.

Alasan ban wajib diganti secara periodik

Alasan Ban Harus Diganti Tiap 5 Tahun
Image by : besmart,ca

1. Daya cengkeram yg menurun.

Seiring waktu berlalu maka daya elastisitas ban juga semakin menurun. Ban yang sudah tidak lagi elastis tentu daya cengkram nya juga sudah tidak lagi bagus ( tidak ngegrip ). Ban pun akan lebih rawan slip jika dipake melaju di jalanan yang kondisinya basah seperti dimusim hujan. Ban yang gampang slip seperti ini tentu rawan menjadi penyebab kecelakaan.

2. Kenyamanan berkendara terganggu.

Ban yang sudah berusia uzur, apalagi tidak dirawat oleh pemiliknya lama - kelamaan akan bagian dinding nya akan semakin mengeras. Yang perlu diketahui tentang ban salah satunya adalah sebagai peredam getaran bukan ? Nah, dinding ban yang sudah mengeras tentu daya redam getaran tidak lagi maksimal, rasanya pasti akan lebih keras dibandingkan jika memakai ban yang sidewall nya masih lentur. Hal ini akan memicu kita untuk mengurangi tekanan ban dibawah tekanan ideal. Jika tekanan terlalu rendah selain membuat konsumsi bbm boros, ban juga rawan benjol di bagian sidewall nya.

3. Ban rawan pecah.

Ban yang sudah berusia tua selain konturnya yang semakin mengeras, terkadang juga muncul retak - retakan yang bervariasi, mulai dari retak seukuran bercak hingga retakan yang lebih panjang. Retakan ini tentu akan semakin banyak dan menyebar. Bila ban tidak segera diganti baru, sangat dikhawatirkan mengalami pecah dijalanan.

Nah ternyata alasannya adalah merupakan nisbi penting dan menarik bukan kenapa ban sebaiknya diganti secara periodik ?

Bagi yg memiliki poly uang sih tidak jadi perkara buat gonta - ganti ban, namun bagi yang berkantong cekak apalagi mobil telah butut niscaya akan sedikit merasa keberatan jika diharuskan mengubah ban tiap lima tahunan ini bukan ?

Kalian sanggup sih tidak mengubah ban walaupun lebih dari 5 tahun asalkan kondisi ban tersebut benar - benar masih baik, terutama masih lentur / kenyal, nir terdapat retakan, dan nir poly bekas tambalan. Tapi sekali lagi bila ban sudah tidak masuk kriteria layak pakai, usahakan diganti saja menggunakan ban produksi baru.

Posting Komentar

0 Komentar