Apa Itu Ban Donat Pada Mobil ?

Pengertian ban donat - mungkin ada beberapa pembaca yang pernah mendengar istilah ban serep model donat, namun belum tahu bentuk dari ban yang memiliki nama bak kue ini ? Nah pada kesempatan yang baik ini kami akan memberikan penjelasan secara mendetail mengenai ban donat yang ada pada mobil.

Advertisement

Apa Itu Ban Donat Pada Mobil ?
Ilustrasi ban donut mazda MX5 image by : myroadtrip

Pengertian istilah ban donat

Ban donat biasanya merujuk pada sebuah ban serep mobil yang memiliki bentuk mirip seperti kue donat karena bentuk profil ban sangat berbeda dengan profil ban standarnya dan lebih mirip seperti ban sepeda motor. Ban model donat ini merupakan ban serep yang berukuran mini, yang biasanya dimaksudkan agar meminimalisir ruang penyimpanan ban serep sehingga bagasi mobil menjadi lebih luas. Untuk lebih jelas mengenai ukuran ban donut ini silahkan lihat gambar diatas.

Ban jenis ini memang kiat marak digunakan, mengingat tunggangan beroda empat waktu ini juga banyak yg lebih mengutamakan ruang bagasi yg luas, sehingga mau tidak mau ukuran ban serep pun dikorbankan agar nantinya mampu muat disimpan didalam ruang penyimpanan ban serep dalam bagasi yang jua dibuat dengan ukurannya yang mini .

Ban donat ini ukurannya pun juga bervariasi, ada yg lingkar diameternya sama memakai ban baku namun lebar tapak yang tidak selaras, terdapat pula ban serep yang baik lingkar diameter dan lebar tapaknya dibuat lebih kecil sebagai akibatnya sangat - sangat mini . Dari ke dua jenis ban serep donat tersebut, yang ukuran diameternya sama menggunakan ban standar relatif lebih kondusif.

Baca juga : Wajib tahu !!! Ini kerugian mobil memakai ban dalam

Resiko bahaya ban donat

Meskipun ban donut ini diklaim memiliki kekuatan yang sama dengan ban jenis standar walaupun ukurannya mini, untuk penggunaan jangka panjang tentu akan beresiko dan tidak disarankan mengingat ukuran ban ini berbeda dengan ukuran ban standarnya. Terlebih lagi jika digunakan untuk melintasi jalanan yang kurang bagus dan berlubang lubang akan rawan terjadi kerusakan.

Jika tunggangan beroda empat kalian ban serep nya termasuk ban donat, sebaiknya pakai hanya bila dalam keadaan darurat saja, contohnya waktu ban kendaraan beroda empat mengalami kebocoran dijalan sampai kalian menemukan bengkel tambal ban buat menambal ban standar mobil yg mengalami kebocoran. Setelahnya kalian bisa menyimpan ban serep donat kemudian memakai pulang ban standar yang sudah ditambal tadi.

Baca juga : Teknologi canggih ini memungkinkan ban kempis tetap bisa dipakai jalan

Nah itulah tersebut sedikit ulasan tentang ban donat yang terdapat pada tunggangan beroda empat, semoga berguna

Posting Komentar

0 Komentar