Bahaya Jika Turbocharger Bocor

Info - mobil diesel yang dilengkapi dengan turbocharger memang memiliki kelebihan yakni menghasilkan tenaga mesin yang lebih nendang ketika mesin berada di rpm tinggi, namun sebaliknya efek yang paling tidak disukai oleh banyak pengguna mesin turbo adalah soal terjadinya lag mesin atau jeda sejenak saat mesin baru digeber terutama di rpm rendah.

Advertisement

Yah namun sekali lagi itu tergantung menurut desain jua karakter mesin mobilnya sih, karena tidak semua mesin kendaraan beroda empat yg memakai turbocharger tidak mempunyai tanda-tanda lag yang sama.

Bahaya Jika Turbocharger Bocor

Mesin turbo pun pula perlu dirawat menggunakan baik supaya nir mudah rusak dikemudian hari, karena apabila hingga rusak selain akan menciptakan konsumsi bahan bakar sebagai lebih boros, ada pula suara yg berisik mengganggu telinga, bahkan yg paling parah mesin tunggangan beroda empat mampu rontok hanya gara - gara kerusakan turbocharger.

Kerusakan turbocharger

Kerusakan yang dimaksud adalah berupa bocornya oli melalui mesin turbocharger. Mesin turbo yang bocor akan menyebabkan oli mesin juga akan berkurang tergantung tingkat kebocoran itu sendiri. Hal ini dikarenakan pada poros baling - baling mesin turbo juga membutuhkan pelumasan dari oli yang diambil dari oli mesin. Jika turbo bocor, secara otomatis oli mesin juga akan ikut berkurang sedikit - demi sedikit bahkan bisa sampai habis tak bersisa. Bila kita kurang dalam mengontrol ketinggian oli mesin, maka mesin pun rawan kehabisan oli dan terkancing.

Bagian mesin turbo yg bocor ini diakibatkan rusaknya seal hambatan oli didalamnya yg umumnya disebabkan karena penggunaan oli yg jarang diganti, oli kotor atau terlalu kental sebagai akibatnya tidak bisa melumasi komponen dalam mesin turbo secara aporisma .

Perawatan mesin turbocharger

Untuk merawat mesin turbo sebenarnya gampang, cukup gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan mobil terutama untuk masalah SAE oli. Serta penggantian oli mesin secara berkala sesuai buku petunjuk servis. Tentunya mengganti oli lebih cepat dari buku servis juga semakin bagus sih, misalnya saja di buku servis sebuah truk berturbocharger informasi penggantian olinya tiap 5.000km, tentunya akan lebih bagus jika kita menggantinya sebelum menyentuh jarak tempuh 5.000km, misalnya saja baru 4.000 atau 4.500 sudah kita ganti olinya. untuk lebih lengkap soal perawatan silahkan baca tulisan kami yang lain di bawah ini.

Baca : Tips merawat mesin turbo agar awet

Catatan krusial

Bila ada diantara kalian yang memiliki mobil bermesin turbo dan mengalami kebocoran. Saat melakukan penggantian mesin turbo nya, usahakan juga memeriksa bagian dalam mesin, terutama dibagian metal duduk, metal bulan, metal jalan dan komponen lain didalamnya siapa tahu karena mobil sering kekurangan oli memuat komponen tadi mengalami aus. Tentu akan sangat percuma jika mesin turbo nya sudah diganti baru, eh baru jalan beberapa kilo malah bagian dalam mesin seperti metal duduk nge roll dan membuat mesin rusak.

Mungkin daftar artikel yang berkaitan menggunakan turbocharger dibawah ini jua berguna buatmu :

  • Waspada, ini alasan jangan matikan mesin turbo secara mendadak
  • Nih manfaat penting alat turbo timer pada mobil diesel turbo
  • Fungsi intercooler pada mesin turbo diesel
  • Mengenal mesin turbo beserta nama dan fungsinya
  • Perbedaan mesin turbocharger dan supercharger
  • Begini cara kerja intercooler pada mesin turbo

Posting Komentar

0 Komentar