Bahaya Kapasitas Oli Shockbreaker Depan Motor Tidak Sama

Info - setiap motor pasti memiliki komponen shockbreaker sebagai penunjang kenyamanan saat berkendara, karena tanpa adanya komponen yang satu ini berkendara akan terasa kurang nyaman lantaran getaran saat motor melintasi jalan yang jelek akan langsung merambat keseluruh body motor termasuk ke tubuh kita.

Advertisement

Ilustrasi perbaikan shockbreaker, image by : motorcyclistonline,com

Selain berfungsi sebagai peredam kejut, ternyata keberadaan shockbreaker ini jua mempunyai fungsi lain yakni sebagai penunjang stabilitas dalam mengendarai kendaraan. Apabila kita hingga lalai tidak memperhatikan dengan baik selain bisa membangun kenyamanan berkendara berkurang, pula dapat mengakibatkan resiko yang amat fatal terutama buat shockbreaker bagian depan.

Baca juga : Tips sederhana merawat shockbreaker agar awet

Pada shockbreaker depan seiring penggunaannya tentu akan mengalami kerusakan pada bagian seal oli sehingga oli yang terdapat didalamnya pun bocor

Shockbreaker yang olinya antara kiri dan kanan tidak seimbang akan membuat stabilitas sepeda motor menjadi buruk, sepeda motor bisa oleng baik saat digunaan menikung dengan kecepatan tinggi ataupun hanya sekedar di rem sehingga rentan terjadi kecelakaan.

Agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera lakukan perbaikan jika shockbreaker motor kesayangan mengalami kebocoran. Untuk proses perbaikannya sendiri sangat disarankan untuk mengisi oli dengan volume yang sama antara kiri dan kanan, untuk memperoleh hasil yang sama saat mengisi sangat disarankan menggunakan gelas ukur.

Untuk volume oli pun juga sebaiknya jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak karena efeknya juga kurang baik, terlalu sedikit akan membuat shock terlalu lembut sehingga saat melewati jalanan yang jelek akan terasa mentok / jeduk, begitupun dengan volume oli yang terlalu banyak akan membuat shock menjadi keras.

Untuk mengetahui seberapa banyak volume oli yang harus dimasukkan kedalam shockbreaker, kalian bisa memperoleh informasinya melalui keterangan yang tertera pada botol kemasan oli.

Baca juga : Jarang dicek, baut sockbreaker belakang motor terlepas saat riding malam

Nah semoga informasi diatas dapat berguna.

Posting Komentar

0 Komentar