Bahaya Karet Boot Sobek Tidak Diganti

Info - Menjaga kondisi kaki - kaki mobil tetap terawat tentu saja menjadikan kunci bagi kita untuk merasa aman serta nyaman dalam berkendara. Karena jika sampai kaki - kaki mobil mengalami kerusakan, selain diliputi perasaan was - was dan takut celaka dijalan, biaya yang ditanggung untuk memperbaiki pun juga tidaklah murah.

Advertisement

Yah memang kerusakan komponen understeel mobil ini dipengaruhi oleh 2 hal, yang pertama ialah karena faktor usia pakai komponen, dan yang kedua adalah kurangnya perhatian si pemilik terhadap kendaraan kesayangannya. Terkadang banyak dari mereka menganggap remeh kerusakan kecil yang terjadi dengan menunda perbaikan, yang pada akhirnya akan membuat kerusakan semakin parah bahkan kerusakannya pun merembet ke komponen yang lain.

Bahaya Karet Boot Sobek Tidak Diganti

Salah satu contohnya adalah kerusakan di bagian karet pelindung atau karet boot racksteer maupun As kopel.

Meskipun terlihat sangat sepele, ternyata kerusakan pada karet boot ( karet pelindung ) pada kaki kaki mobil ini bisa berakibat fatal jika tida sesegera mungkin dilakukan penggantian. Pasalnya karet boot yang rusak / sobek akan menyebabkan sesuatu yang seharusnya terlindungi akan menjadi mudah kemasukan air maupun kotoran. Kotoran dan air yang masuk ini bisa menyebabkan korosi sehingga terjadilah kebocoran / keausan.

Jika dibiarkan tentu kebocoran akan semakin membesar yang dapat mengakibatkan sistem powersteering kehabisan fluida. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang sangat mahal  untuk memperbaiki steering rack yang rusak tadi, belum lagi jika sampai steering pump nya juga ikutan kena.

Guna menghindari hal ini tentu saja kita sebagai pemilik kendaraan harus rutin melakukan pengecekan understeel baik dilakukan sendiri dirumah, maupun di bengkel yang melayani jasa pengecekan understeel. Untuk mengecek sendiri pun sebenarnya sangatlah mudah, sebab komponen karet boot ini bisa dilihat secara visual di bagian kolong mobil ketika kalian membelokkan setir kemudi.

Hal ini juga berlaku untuk karet boot lain yang ada di bagian ball joint maupun tierod, jika sudah terlihat ada sobekan sebaiknya sesegera mungkin dilakukan penggantian karet boot yang baru.

Posting Komentar

0 Komentar