Bolehkah Radiator Coolant Dicampur Air ?

Radiator coolant mobil - air radiator atau yang dikenal juga sebagai radiator coolant atau water coolant merupakan cairan yang wajib diperhatikan, sebab jika tidak diperhatikan dengan baik bisa menyebabkan kesehatan mesin mobil jadi terganggu.Mulai dari naiknya suhu panas mesin, tenaga mesin jadi kurang maksimal bahkan yang terparah adalah rusaknya bagian head cylinder mesin akibat mesin mengalami overheat yang disebabkan saluran pendingin yang tersumbat.

Advertisement

Salah satu cara merawat atau memperhatikan bagian ini cukup mudah kok, yang kalian perlu lakukan adalah cukup dengan memeriksa air radiator secara berkala tiap mobil menempuh jarak per 10.000km dan kelipatannya. Hal ini guna memastikan bahwa cairan radiator yang ada didalam radiator tank masih layak pakai. Namun jika sudah tidak layak pakai atau memang sudah jadwalnya melakukan penggantian, sebaiknya sesegera mungkin di ganti dengan yang baru.

Baca juga : Ini alasan kenapa sebaiknya kamu menggunakan watercoolant

Radiator coolant biasanya dan umumnya disarankan diganti sesuai buku petunjuk servis kendaraan dimana tiap mobil itu berbeda. Untuk lebih pastinya silahkan kalian buka dan baca kembali buku servis berkala mobil kesayanganmu, atau bisa kalian tanyakan langsung ke Servis Advisor di bengkel resmi langananmu.

Bolehkah Air Radiator Dicampur Air ?

Pada umumnya cairan radiator ini terdiri dari dua type yaitu radiator coolant yang bisa langsung dipakai tanpa harus mencampurnya dengan air. Lalu ada juga radiator coolant yang dalam pemakaiannya wajib dicampur air karena radiator coolant tadi masih berbentuk konsentrat ( Concentrate ). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbandingan gambar dibawah ini :

Bolehkah Radiator Coolant Dicampur Air ?

Keterangan gambar :

  • Gambar sebelah kiri merupakan radiator coolant merk nulon dengan label ready to use ( langsung pakai tanpa harus ditambah air lagi.
  • Sedangkan gambar sebelah kanan merupakan radiator coolant merk nulon dengan label 100% concentrate, yang artinya harus diencerkan dengan air dalam penggunaannya.

Baca juga : Nih estimasi biaya servis radiator bocor

Untuk air radiator yang tinggal pakai tadi tentunya tidak boleh dicampur dengan air lagi karena komposisinya sudah diatur oleh pabrikan dan tinggal tuang saja. Sedangkan type kedua yang masih dalam bentuk konsentrat, penambahan air ini wajib hukumnya, karena jika tidak cairan ini akan menyebabkan korosi berlebih mengingat radiator coolant type concentrate ini merupakan bahan kimia keras.

Nah sebelum melakukan sesuatu saran kami sih silahkan dibaca terlebih dahulu label keterangan yang ada pada produk radiator cooler yang kalian beli. Jika tidak dibolehkan menambah air ya jangan ditambahkan, namun jika penggunaannya diwajibkan menambahkan air ya harus kalian ikuti petunjuk yang ada :).

Nah relatif sekian penerangan dari kami tentang apakah radiator coolant boleh dicampur air ataukah nir diatas mampu menjawab seluruh kebimbangan

Posting Komentar

0 Komentar