Cara Mengatasi Avanza - Xenia Agar Tidak Limbung

Atasi avanza xenia limbung - mobil avanza dan juga xenia dinobatkan sebagai mobil sejuta umat karena memang pengguna kedua mobil ini sangat banyak dan dominan. Hal ini dikarenakan Avanza dan Xenia adalah mobil yang harganya terjangkau dengan fitur yang lumayan lengkap sebelum akhirnya lahir mobil jenis LCGC dengan harga yang lebih murah dan menggoda.

Advertisement

Nah yang menarik untuk kita bahas kali ini adalah mengenai gejala mobil limbung atau body roll yang dialami oleh avanza dan xenia, yang membuat pengemudi menjadi merasa kurang nyaman terutama saat melakukan manuver dengan kecepatan tinggi.

Tips Atasi Avanza - Xenia Agar Tidak Limbung

Xenia dan Avanza ini dibekali dengan sistem suspensi yang sedikit kurang baik, dimana penampang lingkar dari coil spring yang lebar, sehingga mengakibatkan kemampuan dalam menopang beban kurang bagus. Otomatis saat digunakan untuk bermanuver dengan kecepatan tinggi mobil pun menjadi limbung.

Cara mengatasi Xenia - Avanza agar tidak limbung

Setidaknya ada 2 cara mengatasi efek body roll atau limbung ini pada mobil Avanza dan Xenia, caranya adalah dengan melakukan penggantian coil spring atau per keong, atau menambahkan karet pengganjal ( damper ) untuk membatasi gerakan per keong.

1. Atasi Avanza Xenia limbung dengan mengganti per keong

Seperti penjelasan diatas mengenai penyebab mobil avanza mengalami limbung, maka diperlukan penggantian per keong dengan produk aftermarket. Karena produk aftermarket ini banyak varian nya, alangkah baiknya kalian langsung menanyakan ke toko aksesoris mengenai merk mana yang nyaman digunakan. Atau meminta rekomendasi dari user mobil lain yang pernah mmodifikasi per keong, kebanyakan teman sih menggunakan merk "king" karena banyak juga yang mengatakan merk tersebut bagus dan enak dipakai. Harga dari coil spring merk "king" ini sekitar 2 juta an.

ganti per keong agar avanza tak limbung

Baca juga : Pengertian apa itu body roll dan penyebabnya

2. Atasi Xenia Avanza limbung dengan memasang spring damper

Bila kalian lebih memilih mempertahankan coil spring bawaan mobil, kalian bisa mencoba memasang karet damper / karet pengganjal yang biasanya dipasangkan di antara renggangan per keong. Untuk namanya sendiri kami menyebutnya sebagai karet sport damper, cara memasangnya sangat gampang sekali, cukup mendongkrak mobil hingga posisi ban menggantung untuk memperoleh renggangan per yang maksimal. Kemudian karet pengganjal ini tinggal dimasukkan kedalamnya kemudian diikat dengan kabel ties.

Harga yang ditawarkan untuk karet sport damper ini juga bervariasi, penulis pernah membeli "valen sport damper" di tahun 2013 lalu seharga 1.2 juta untuk 2 pasang karet damper yang dipasangkan di ke empat per keong mobil. Untuk harga terkini dari valen sport dumper ini kami tidak update, untuk mengetahuinya silahkan dicari di pelapak online yang biasa kalian kunjungi dengan kata kunci " Valen sport dumper". Dibawah adalah penampakan saat penulis memasang karet dumper dan hasilnya efek body roll hampir tidak lagi terasa.

pasang valen sport dumper atasi avanza xenia limbung
Contoh pemasangan valen sport dumper, image by Info
Baca juga : Nih cara pemasangan valen sport dumper untuk atasi mobil limbung

3. Atasi avanza xenia limbung dengan memasang stabilizer bar

Ada cara lain untuk mengatasi gejala limbung pada body mobil yakni dengan memasang sway bar, strut bar dan bar sejenisnya, nanum menurut kami pemasangan bar seperti ini tidak direkomendasikan mengingat pemasangan ini dilakukan langsung di body mobil sehingga rawan membuat kontruksi chassis mobil monokok menjadi berubah atau bahkan rusak. Namun bila kalian ingin mencobanya juga tidak masalah, untuk harganya paling murah ada di kisaran Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

stabilizer avanza dan xenia

Nah dengan melakukan beberapa perubahan pada bagian kaki - kaki, khususnya di bagian coil spring maupun memasang karet dumper, maka gejala limbung pada mobil avanza dan xenia dapat diredam, baik itu berkurang dalam kapasitas yang besar atau bahkan hilang sama sekali. Perlu diingat bahwa kecepatan mobil saat menikung, banyak sedikitnya penumpang maupun barang yang diangkut, serta tekanan angin pada roda dapat mempengaruhi efek body roll mobil. Semoga tulisan diatas dapat berguna.

Baca juga : Pengetahuan cara hitung berat muatan mobil agar tak overload

Posting Komentar

0 Komentar