Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Kampas kopling motor habis - keberadaan kompling sangat penting pada sepeda motor, karena fungsi kopling disini adalah sebagai pemutus dan menghubung putaran mesin ke bagian transmisi. Putaran mesin harus diputuskan hubungannya terlebih dahulu saat kita akan melakukan akselerasi maupun deselerasi. Tanpa adanya komponen kopling ini sudah tentu anda tidak akan bisa mengoper gigi persenling.

Advertisement

Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Seiring penggunaannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis & perlu diganti dengan yang baru supaya performa mesin motor & tenaga mesin sanggup tersalurkan ke roda memakai baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri generik yang menandakan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yg antara lain merupakan menjadi berikut :

#Ciri kampas kopling motor habis / aus

1. Terjadi selip kopling

Ciri paling umum yang dapat menjadi pertanda bahwa kampas kopling motormu habis adalah adanya selip pada kopling. Hal ini dapat terjadi karena tenaga putaran mesin tidak dapat disalurkan dengan maksimal ke bagian transmisi motor walaupun tuas kopling sudah dilepas sepenuhnya. Gejala selip kopling akan sangat terasa saat anda menggeber motor dengan kecepatan tinggi akan terdengar suara meraung raung dan tak mampu untuk berakselerasi dengan baik.

dua. Kopling kurang responsive

Gejala umum selanjutnya yang menandakan bahwa kampas kopling motormu sudah aus adalah, saat awal jalan meskipun kopling sudah dilepas motor tidak segera berjalan.

3. Speed motor menjadi berkurang

Karena kampas kopling motor aus dan slip, maka yang terjadi adalah tenaga yang dihasilkan mesin tidak dapat disalurkan dengan sempurna ke bagian transmisi karena adanya loss di bagian kampas koplingnya. Karena hal inilah kecepatan motor seperti berkurang dan dibarengi dengan konsumsi bahan bakar yang boros dibanding biasanya.

4. Mesin kasar

Kopling yang slip dan tidak segera diganti akan membuat bagian kampasnya habis tergesek dan hanya menyisakan plat, yang nantinya akan saling bergesekan dengan fly wheel dan menyebabkan bunyi kasar pada mesin dan bahkan bergetar.

5. Susah oper gigi perseneling

Karena kampas koplingnya sudah aus dan selip, maka putaran mesin tidak dapat diputuskan dengan baik sehingga untuk mengoper gigi perseneling pun akan susah masuk walaupun tuas kopling sudah anda tekan hingga mentok grip motor.

6. Suhu mesin cepat panas

Dalam kondisi normal kampas kopling hanya akan bergesekan saat tuas kopling dilepas secara perlahan hingga dilepas full. Setelah tuas kopling dilepas full gesekan tadi seharunya tidak ada. Dan karena ada bagian kampas kopling yang aus kemudian slip, gesekan yang seharusnya tidak terjadi ini akan terjadi secara terus menerus sehingga dapat menimbulkan panas yang berlebih pada mesin.

Baca juga : Tips mengatasi tuas kopling motor keras

#Penyebab kampas kopling habis

Penyebab kenapa kampas kopling ini bisa habis adalah dikarenakan faktor pemakaian, semakin sering kopling dioperasikan maka resiko kampas kopling menipis semakin besar. Terlebih lagi jika anda sering menggunakan teknik setengah kopling yang sering terjadi di jalanan yang macet, dalam waktu singkat pun kampas kopling akan segera habis.

Tips agar kampas kopling tak cepat habis

Nah agar kampas kopling motor anda awet dan tidak mudah aus, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Atur jarak bebas kopling ( minimal 2 - 4 mm ) dan lakukan penyetelan secara berkala.
  • Hindari penggunaan setengah kopling saat berkendara.
  • Lakukan penggantian oli secara rutin sesuai rekomendasi bengkel.
  • Gunakan oli pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dealer / bengkel resmi.
  • Sebaiknya gunakan setelan jauh untuk tuas kopling motor.

Baca juga : Kelebihan kekurangan velg racing VS jari jari

Posting Komentar

0 Komentar