Di Rem Setengah Setir Getar Kenapa ?

Setir getar saat di rem memang membuat pengemudi merasa kurang nyaman, apalagi bila hal ini terjadi berulang kali membuat tangan pengemudi terasa kram.

Advertisement

Banyak faktor

Beberapa poin yang perlu diperiksa diantaranya ialah bagian kampas rem, keolengan disc brake, kondisi piston rem, serta bagian kaki - kaki mobil yang berhubungan mulai dari tie rod, steering rack,dan juga joint steer.

Problem setir getar saat di rem setengah biasanya terjadi pada mobil yang menggunakan sistem rem dengan banyak piston seperti fortuner, hilux double cabin dan lain sebagainya.

Ambil contoh Toyota Fortuner yang menggunakan 8 piston kaliper rem dimana masing - masing 4 di bagian roda kiri dan 4 di bagian roda kanan. Bila salah satu piston rem mengalami macet  daya tekan antara kampas dengan disc brake menjadi tidak rata / miring sehingga saat di rem setengah efeknya akan menyebabkan getar.

Efek setir bergetar ini malah akan hilang jika rem ditekan penuh / ditekan kuat karena saat penekanan penuh tersebut, seluruh piston akan bergerak dengan sempurna sehingga bidang singgung kampas dan disc rata.

Jika ternyata piston rem tidak ada yang macet kalian bisa melakukan pengukuran tingkat keolengan disc brake menggunakan dial gauge. Bila melebihi batas toleransi keolengan dan masih dalam masa garansi, kalian bisa memita klaim ke dealer bersangkutan dimana kalian membeli mobil.

Namun bila masa garansi sudah lewat, kalian bisa coba melakukan bubut disc brake di tukang bubut.

Cek juga bagian kampas rem apakah kampas cacat aus tidak rata atau tidak. Bahan kampas bagus atau tidak. Jika kampas  kurang bagus sekalian baiknya diganti baru.

Lain - lain cek juga understeel mobil bagian depan, jika ada komponen yang oblak bila masih bisa di setel silahkan di setel. Bila tidak lakukan penggantian dengan part baru.

Posting Komentar

0 Komentar