Efektifkah Menggunakan Shockbreaker Rekondisi ?

Shockbreaker rekondisi - peran penting dari komponen shockbreaker pada kendaraan bermotor ialah meredam guncangan atau getaran yang diakibatkan karena kendaraan kita melewati jalanan yang rusak. Nah jika komponen ini sampai rusak baik itu lemah maupun mati total, tentu akan mempengaruhi handling kendaraan. Kendaraan bisa limbung dan tidak nyaman digunakan, bahkan untuk kendaraan roda 4 akan menimbulkan suara gludukan saat melibas jalan bergerojal.

Advertisement

Efektifkah Menggunakan Shockbreaker Rekondisi ?

Kerusakan shockbreaker ini meliputi lemah yang ditandai saat shockbreaker ditekan tidak mau kembali memanjang, atau yang paling parah adalah merembesnya oli shockbreaker akibat kebocoran seal.

Penyebab kerusakan shockbreaker

Kerusakan shockbreaker ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kendaraan sering mengangkut beban yang melebihi tonase.
  • Cara bergendara yang ugal ugalan di jalanan yang kurang begitu bagus.
  • Karena faktor usia pemakaian wajar.

Agar shockbreaker kendaraan berumur panjang, sebaiknya jangan terlalu mengangkut beban yang terlalu berlebih, dan bila melewati jalanan yang jelek sebaiknya pelankan laju kendaraan anda. Bila shockbreaker sudah mengalami kerusakan alangkah baiknya diganti saja dengan shockbreaker yang baru.

Baca juga : Tips mendeteksi dini kerusakan shockbreaker mobil

Lalu bagaimana jika tidak memiliki uang untuk beli shockbreaker baru ?

Sebenarnya shockbreaker yang rusak entah itu bocor ataupun mati masih bisa diperbaiki dengan jalan merekondisi nya di bengkel bengkel khusus rekondisi yang ahli menangani shockbreaker.

Apakah efektif shockbreaker rekondisi seperti ini ?

Selain harga rekondisi yang lebih murah dibandingkan jika kita membeli shockbreaker baru, untuk yang rekondisi sebenarnya bisa awet dan tahan lama juga asal yang mengerjakan adalah orang yang ahli dan berpengalaman di bidang rekondisi shock. Untuk shock yang direkondisi pun juga tidak bisa hanya sebelah, harus direkondisi keduanya antara yang kiri dan kanan walaupun yang rusak hanya sebelah, hal ini bertujuan agar mendapatkan kelenturan yang seragam.

Kenapa bengkel resmi merekomendasikan ganti dibanding memperbaiki ?

Memang semua bengkel resmi menganjurkan penggantian shockbreaker yang rusak langsung dengan yang baru, hal ini bertujuan agar tidak ada penumpukan unit kendaraan yang diperbaiki. Selain itu juga berguna untuk meminimalisir customer komplain karena perbaikan shockbreaker nya bermasalah, mati atau bocor lagi yang tentunya akan membuang buang waktu. Dan yang lebih penting lagi adalah kendaraan anda cepat selesai, sehingga waktu anda pun tak terbuang percuma.

Baca juga : Mitos apakah ganti shockbreaker mobil harus sepasang ?

Posting Komentar

0 Komentar