Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Fungsi jalu stang motor - handlebar balancer alias bar end atau yang biasa orang awam sebut dengan istilah jalu atau bandul stang yang terpasang pada bagian ujung handgrip motor bukan hanya sekedar hiasan ataupun sebagai balancer saja, karena ada beberapa fungsi lain yang mungkin saja kalian belum ketahui.

Advertisement

fungsi jalu stang motor

Jalu stang motor ini umumnya pada syarat standar terbuat menurut bahan material yg bertenaga agar nantinya sanggup buat menunda benturan. Didesain menggunakan bentuk memanjang yg terpasang pada bagian ujung - ujung handgrip sepeda motor, fungsi primer dari handlebar balancer ini adalah sebagai penyeimbang / balancer supaya setir motor stabil

Pada umumnya motor dengan jumlah silinder sedikit, getaran yang dihasilkan oleh mesin semakin besar yang nantinya akan merambat ke seluruh chassis motor, melalui garpu depan dan selanjutnya akan merambat ke bagian stang motor. Dengan adanya bar end atau jalu stang ini, getaran tadi bisa diredam dengan baik.

Fungsi lain dari handlebar balancer ini selain sebagai penyeimbang dan peredam getaran, ternyata juga berfungsi sebagai pengaman bukaan gas ketika motor terjatuh. Jadi saat sepeda motor terjatuh ke arah kanan, secara otomatis jalu stang inilah yang pertama kali menyentuh permukaan aspal. Dengan demikian handgrip throttle gas atau stang ini gas akan langsung menutup.

Selain itu dengan adanya bandul stang motor, ketika motor mengalami crash dan terjatuh kearah samping, jalu stang dapat menahan body motor dan meminimalisir rusaknya bagian body samping  motor maupun tangki. Setidaknya meminimalkan kerusakan meskipun kenyataannya nanti body tetap mengalami lecet.

Baca juga : Tips merawat handgrip motor agar tidak berkerak

Nah itulah tadi sedikit info mengenai fungsi dari handlebar balancer alias jalu stang motor alias bandul stang motor. Semoga tulisan diatas dapat berguna.

Posting Komentar

0 Komentar