Fungsi Sandaran Kepala Atau Headrest Pada Mobil, Awas jangan dilepas !!!

Fungsi headrest di jok mobil - banyak sekali alat keselamatan yang terdapat pada sebuah mobil, namun banyak sekali yang belum tahu bagian mana sajakah itu serta fungsi fungsinya. Paling banyak pemilik mobil hanya tahu alat keselamatan yang ada di mobil mereka ya sabuk pengaman, atau air bag. Padahal bayak sekali selain dua hal diatas, dan salah satunya adalah headrest yang terpasang di bagian atas jok mobil kita.

Advertisement

headrest mobil

Fungsi headrest di mobil

Fungsi dari headrest ini sangat penting sekali karena termasuk kedalam sistem restraint yang wajib ada pada semua mobil. Bukan sekedar sebagai sandaran kepala saja, fungsi lain dari headrest ini adalah untuk menghindari resiko penumpang didalam mobil mengalami patah leher saat terjadi kecelakaan khususnya berupa tubrukan dari arah belakang.

Jika tidak ada headrest ini, saat tertabrak dari belakang dengan kecepatan tinggi, sudah pasti kepala akan tersentak kebelakang yang dapat menyebabkan terjadinya patah pada tulang leher.

Baca juga : Tips 5 cara membedakan jok kulit asli dan palsu

Namun karena kurangnya pengetahuan maupun edukasi, ada loh sebagian orang yang bahkan melepas sandaran kepala atau headrest ini. Atau demi mengejar kenyamanan beberapa orang lainya memilih memasang bantalan headrest seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

bantalan headrest mobil

Dengan adanya bantalan leher yang katanya biar leher menjadi rilex dan nyaman saat berkendara, saat mobil terjadi tabrakan dari belakang, justru bantalan ini akan menahan leher terlebih dahulu sebelum kepala terhentak dan menempel ke headrest. Resiko cedera leher akan semakin besar nantinya. Dengan kata lain keberadaan bantalan leher ini dapat mengurangi fungsi dari headrest yang mana merupakan alat keselamatan.

Terus bagaimana jika kita capek dan pegal saat mengemudi ?

Gampang untuk mengatasi hal ini yang perlu kalian lakukan adalah beristirahat jika tidak ada orang lain yang menggantikan mengemudi. Tapi jika ada yang menggantikan sebagai driver, cukup anda berpindah posisi dan merebahkan jok lebih rendah untuk beristirahat atau tidur.

Nah bagi kalian yang memiliki saudara yang mencopot headrest yang ada di jok mobil maupun memasang bantalan leher, sebaiknya diingatkan akan resiko terjadinya cedera leher saat terjadi kecelakaan khususnya ketika mobil tertabrak dari belakang. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.

Baca juga : Tips merawat jok berbahan kulit sintetis agar awet

Posting Komentar

0 Komentar