Fungsi tombol O/D pada Transmisi Otomatis

Fungsi tombol O/D adalah - pada sebuah mobil bertransmisi otomatis sering kali kita melihat ada sebuah tombol tambahan yang ada pada tuas transmisi, beberapa tombol ada yang diberi keterangan lengkap berupa tulisan "over - drive", dan beberapa lagi hanya disimbolkan kode O/D.

Advertisement

FUNGSI DAN CARA KERJA O/D DALAM TRANSMISI OTOMATIS

Fungsi tombol O/D pada Transmisi Otomatis

Over drive atau yang biasa disingkat Over drive ini artinya adalah rasio gigi paling tinggi / top gear yang ada pada kendaraan tersebut. Fungsi atau kegunaan dari tombol O/D jika diaktifkan tentu saja agar mobil bisa melaju kencang di jalan yang bebas hambatan ( jalan tol ) karena gigi over drive ini layaknya kita sedang menggunakan gigi paling tinggi pada kendaraan bertransmisi manual.

Dengan ngebut menggunakan Over Drive ini tentu saja rpm mesin yang semula tinggi bisa diturunkan, dan efeknya penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan jika kita ngebut dengan menggunakan gigi biasa semisal gigi "D".

Untuk melihat apakah O/D sedang aktif atau tidak kalian bisa melihatnya melalui lampu indikator yang ada pada bagian spidometer mobil. Untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi O/D ini cukup tekan sekali untuk mengaktifkan, dan tekan sekali lagi jika ingin menonaktifkan.

Poin yang wajib diperhatikan saat penggunaan O/D adalah hanya jika kalian ngebut di jalan bebas hambatan saja, jangan sekali kali menggunakan O/D ketika mobil dipakai berkendara yang cenderung pelan maupun stop and Go. Jika tidak maka ECU mesin mobil akan selalu berusaha mencapai posisi gigi transmisi yang paling tinggi, sehingga malah akan membuat tenaga mesin menjadi lemah.

Bila dianalogikan pada kendaraan manual, penggunaan O/D pada mobil yang berjalan pelan ini semacam kalian sedang berkendara di jalanan yang padat merayap tapi menggunakan gigi nomor 5 sehingga rpm mesin rendah,torsi yang diperoleh pun juga rendah sehingga boros BBM.

Baca juga : Arti huruf dan angka di transmisi otomatis

Posting Komentar

0 Komentar