Fungsi Tombol Shift Lock Di Transmisi Otomatis

Fungsi tombol shift lock adalah - bagi kalian yang memiliki mobil bertransmisi otomatis dan sering menggunakannya tentu tidak asing dengan tombol shift lock, lalu apa sih kegunaan dari tombol ini ? mungkin banyak juga dari kalian yang belum mengetahui tentang fungsi dari tombol shift lock yang ada di mobil matik, nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai fungsi dari tombol shift lock dan kegunaannya.

Advertisement

Fungsi tombol shift lock

Tombol shift lock adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk membebaskan tuas transmisi yang telah ter "lock" pada posisi parking "P" sehingga nantinya tuas transmisi tadi bisa dipindah / digeser ke posisi netral "N".

Fungsi Tombol Shift Lock Di Transmisi Otomatis

Kenapa harus dipindah ke posisi netral, bukankah lebih baik diposisi "P" saat mobil diparkir ?

Banyak yang tidak mengetahui tata cara memarkirkan kendaraan terutama ketika memarkirkan kendaraan secara parallel. Saat kalian memarkirkan mobil dengan posisi seri, boleh saja kalian langsung memindahkan tuas transmisi di posisi "P", kemudian mencabut kunci mobil dan meninggalkan kendaraan.

Akan tetapi saat kalian hendak memarkirkan mobil secara parallel, menarik tuas rem tangan maupun memposisikan tuas transmisi pada posisi "P" tidak disarankan, sebab hal ini akan membuat orang lain yang kebetulan memarkirkan kendaraan di depan / dibelakang mobilmu akan kebingungan saat akan keluar karena kendaraan kalian tidak bisa didorong sama sekali.

Baca juga : Ini beberapa gejala transmisi mobil matik bermasalah

Cara parkir parallel yang benar untuk mobil matik

Saat hendak memarkirkan mobil secara parallel, langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah memarkirkan mobil secara sempurna. Setelah itu kalian bisa mematikan mesin mobil dan memindah tuas transmisi ke posisi "P" agar kunci mobil bisa dicabut. Setelah kunci mobil dicabut, silahkan keluar dan ganjal bagian roda kendaraan bisa menggunakan batu paving atau karet pengganjal khusus. Setelah roda diganjal barulah kalian tekan tombol shift lock dan pindahkan tuas transmisi ke posisi netral.

Dengan begitu orang lain yang kebetulan hendak keluar dari parkir parallel dan merasa ragu, mereka bisa menggeser posisi mobil kita sedikit menjauh, sehingga ada cukup ruang untuk bermanuver dan keluar dari posisi parkir parallel.

Coba bayangkan jika kita memarkirkan mobil secara parallel dan memposisikan tuas transmisi di posisi "P", dan kebetulan ada orang lain yang ingin keluar tapi terjebak oleh mobil kita yang tidak bisa didorong. Bila tidak sabaran bisa saja  mereka menggeser mobil kesayangan kita dengan cara dipepet dan digeser mobil VS mobil yang akan membuat keduanya lecet / rusak.

Baca juga : 7 kelebihan mobil bertransmisi manual dibanding matik

Sebenarnya posisi parkir secara parallel ini baik mobil bertransmisi manual maupun matik sama - sama tidak disarankan menarik tuas rem tangan dan posisi tuas perseneling wajib di posisi netral. Yang membedakan adalah untuk mobil bertransmisi otomatis, tuas perseneling harus diposisikan pada posisi "P" terlebih dahulu agar anak kunci mobil bisa dicabut, setelah anak kunci mobil dicabut, tuas harus dipindahkan di posisi "N" tentunya dengan menekan tombol Shift Lock ini.

Nah semoga tulisan diatas dapat bermanfaat, khususnya bagi pemilik kendaraan bertransmisi otomatis saat hendak memarkirkan mobilnya.

Posting Komentar

0 Komentar