Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?

Sensor ABS menyala - banyak sekali orang yang mulai panik bilamana mendapati lampu indikator ABS yang menyala terus, karena memang untuk kondisi normalnya lampu indikator ABS ini seharusnya mati setelah beberapa detik saat kunci kontak di On kan.

Advertisement

Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?

Lalu apakah menggunakan menyala nya indikator ABS di dasboard kendaraan beroda empat secara terus menerus ini berbahaya ? Jawabnya tidak lantaran menyala nya lampu indikator ABS ini mengindikasikan adanya malfungsi dalam sistem ABS mobil, dimana sistem ABS inilah yg nantinya mengatur proses pengereman dalam roda roda agar tidak mengunci ketika kendaraan beroda empat dalam rem mendadak dalam permukaan jalan yang licin.

Baca juga : Beli mobil lebih utamakan ABS atau Airbag ?

Dengan menyalanya lampu ABS, otomatis sistem ABS sebagai nir sanggup berfungsi atau bekerja sebagaimana mestinya. Yang seharusnya kendaraan beroda empat sanggup berbanuver memakai baik waktu tunggangan beroda empat melintas diatas bagian atas jalan

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi gambar dibawah antara mobil yang menggunakan ABS dan tidak.

cara kerja rem abs mobil

Jadi bila ada mobil yang menggunakan sistem rem ABS kemudian bermasalah pada sistem ABS nya, ya seolah olah mobil tersebut seperti mobil yang tidak menggunakan ABS, itu saja tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Yang perlu kalian ingat adalah ketika ABS mobil mengalami masalah, perlu kehati - hati saat melakukan pengereman, terutama melakukan pengereman di permukaan jalanan yang licin secara mendadak. Kalian perlu melakukan proses ABS seara manual agar mobil tidak meluncur ketika di rem mendadak di atas permukaan jalanan yang licin, yakni harus mengerem - lepas - rem - lepas perlahan.

Baca juga : Ini kelebihan rem ABS dan rem NON ABS yang perlu kamu tahu

Jika ada diantara kalian yang indikator ABS  menyala terus di dasboard mobil, jangan panik karena kita tetap bisa mengendarai mobil dengan normal. Untuk menghilangkan atau mematikan lampu indikator ABS kalian bisa membawa unit mobil ke bengkel resmi terdekat untuk dicari penyebabnya dan dilakukan penanganan dengan tepat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Baca menarik lainnya : Masalah yang sering menyerang rem mobil dan mengatasinya

Posting Komentar

0 Komentar