Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench

Fungsi kunci momen - torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini merupakan salah satu jenis kunci SST yang bisa kalian temui di bengkel - bengkel otomotif khususnya di bengkel mobil.

Advertisement

Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench

Umumnya kunci momen ini berbentuk batang memanjang. Dibagian ujung atas terdapat sebuah pen buat menancapkan kunci shock, sedang dibagian ujung bawah dekat handle umumnya masih ada penyetel momen kekencangan yang diinginkan yg ditunjukkan menggunakan nomor . Untuk detail silahkan lihat gambar berikut.

detail kunci momen kunci torsi

Fungsi kunci momen / kunci torsi

Fungsi dari kunci momen ini adalah untuk mengukur kekencangan baut / mur sesuai dengan spesifikasi kekencangan yang telah ditentukan berdasarkan mutu atau kualitas mur dan baut, sehingga baut / mur yang dikencangkan tadi tidak kendor, tidak menyebabkan ulir menjadi dol maupun baut menjadi patah.

Pengaplikasian kunci momen ini biasanya masih ada pada tahap akhir menurut proses mengencangkan baut setelah sebelumnya dikencangkan menggunakan menggunakan kuni pass maupun ring memakai memakai tangan biasa. Khusus pengencangan pada bagian komponen yang terbuat berdasarkan lempeng baja cor misalnya blok mesin / head cylinder diperlukan pengencangan secara sedikit-sedikit ( nir pribadi full ) guna menghindari pengaruh puntir / yg mampu menyebabkan komponen tadi pecah/ retak.

Jenis contoh kunci momen

Untuk model atau jenis kunci momen sendiri banyak sekali namun yang paling umum ditemui adalah kunci momen model klik seperti yang ditunjukkan gambar diatas. Berapa model kunci momen lain diantaranya ialah sebagai berikut.

jenis - jenis kunci momen
Ilustrasi jenis - jenis kunci momen

  1. Deflecting beam torque wrench
  2. Dial indicator torque wrench
  3. Click type torque wrench
  4. Pneumatic torque wrench
  5. Hydraulic torque wrench
  6. Digital torque wrench, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan kunci momen

Menggunakan kunci momen ini sangat mudah, yang pertama dilakukan adalah mengatur setelan kekencangan kunci momen berdasarkan spesifikasi mutu baut. Selanjutnya pasang kunci shock dan extensionnya di bagian ujung momen dan lakukan pengencangan hingga terdengar bunyi klik.

Pada setiap kunci momen ini memiliki batasan maksimal

Posting Komentar

0 Komentar