Pentingnya Periksa Rem Secara Berkala

Info - rem pada kendaraan sangat erat kaitannya dengan keselamatan berkendara, sebab tanpa rem tentu kita tidak bisa mengontrol laju kendaraan dengan baik, terutama di jalan yang kondisinya macet atau untuk menghentikan laju kendaraan karena suatu sebab. Jika rem kendaraan sampai bermasalah dijalan, selain membuat kita was - was dalam berkendara juga bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Advertisement

Oleh karena itu penting sekali melakukan perawatan dan melakukan pengecekan sistem rem secara berkala yg sanggup kita lakukan sendiri dirumah, atau menyerahkan segala urusak pengecekan ini ke bengkel langganan.

Pentingnya Periksa Rem Secara Berkala
Pentingnya Periksa Rem Secara Berkala : Terlihat bagus diluar belum tentu manis didalam

Pengecekan sistem rem ini meliputi pengecekan fungsional, visual serta teknikal yang tentunya dilakukan dengan cara yang berbeda - beda. Pengecekan fungsional ini biasanya ya mengecek tentang kinerja rem kendaraan, caranya yakni dengan malakukan stop & Go terhadap kendaraan yang sedang di cek, apakah fungsi rem bekerja dengan baik ataukah tidak.

Pengecekan secara visual ialah melakukan pengecekan dengan cara melihat langsung komponen yang ada pada sistem rem melalui indera mata kita, apakah ada komponen yang aus misalnya kampas sudah tipis, apakah bagian piston rem mengalami kebocoran ataukah tidak dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk pengecekan secara teknikal ialah melalui penggunaan alat ukur terhadap sistem pengereman itu sendiri. Misalnya menggunakan jangka sorong ( sketmat/vernier caliper ), micrometer, dial gauge dan peralatan teknikal lain yang sesuai untuk digunakan mengecek bagian yang perlu di cek.

Baca juga : Rem mobil buang kiri atau kanan, begini perbaikinya

Jika terdapat kerusakan kecil alangkah baiknya untuk segera langsung diperbaiki mengingat resikonya jika kita menunda perbaikan pada sistem pengereman mobil sangatlah berbahaya. Nah bagi kalian - kalian yang mungkin saja jarang atau tidak pernah melakukan cek rem kendaraannya secara periodik, sebaiknya bawa kendaraan kesayanganmu untuk di cek di bengkel langganan atau di cek sendiri jika bisa. Jadi jangan menunggu muncul masalah baru dilakukan pengecekan ya !!!. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar