Penyebab Dan Solusi Ban Depan Truk Bergelombang

Atasi ban truk bergelombang - mungkin ada sebagian sopir truk yang merasa heran dengan kondisi ban depan yang mengalami keusan tidak rata seperti bergelombang, dan bingung mencari solusi memperbaiki ban depan truk yang bergelombang. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai penyebab dan cara penanggulangannya agar kedepannya tidak terjadi masalah yang serupa.

Advertisement

Solusi Ban Depan Truk Bergelombang

Penyebab ban depan truk aus bergelombang

Ban bagian depan truk yang aus tidak rata bergelombang ini dikarenakan adanya kerusakan pada bagian kaki kaki depan yang meliputi bearing roda depan yang longgar, king pin truk yang sudah longgar dan oblak, maupun adanya kerusakan pada joint tierod yang sudah oblak. Kerusakan bagian kaki - kaki seperti yang disebutkan diatas akan menyebabkan ban menjadi oblak, nah karena oblak inilah yang menyebabkan ban menjadi aus bergelombang.

Baca juga : Penyebab AS roda truk sering patah

Cara mengatasi ban truk depan bergelombang

Untuk mengatasi hal ini tentunya kita harus menemukan akar masalah dan melakukan perbaikan pada bagian tersebut. Pertama kita harus melakukan pemeriksaan understeel atau pemeriksaan kaki kaki untuk mencari komponen apa saja yang mengalami kerusakan, jika sudah ditemukan akar masalahnya langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perbaikan komponen yang tadi, misalnya jika bearing longgar ya harus disetel, begitu pula dengan king pin yang oblak harus diganti baru.

Setelah seluruh kerusakan diperbaiki jangan lupa buat melakukan spooring dalam truk, hal ini bertujuan buat menyetel

Untuk ban bagian depan tadi yang sudah telanjut bergelombang, bila belum begitu parah bisa dirotasi atau ditukan dengan ban belakang yang kondisinya masih bagus dan rata. Jika tidak nanti akan menyebabkan kenyamanan berkendara anda berkurang, mengingat ban yang bergelombang ini di kecepatan tinggi akan menyebabkan setir mobil terasa getar.

Baca juga : Ini alasan kenapa mobil pick up dan truk wajib uji KIR

Perawatan lanjutan

Perawatan lanjutan ini sangat penting sekali untuk menjaga agar bagian bagian yang rusak dan telah diperbaiki tadi tidak mengalami kerusakan kembali. Perawatan lanjutan untuk masalah ini yang pertama adalah rutin melakukan greasing atau pemberian vett pada komponen understeel truk, mulai dari greasing king pin, greasing bearing serta join sambungan kemudi lainnya dengan menggunakan vet / gemuk secara berkala.

Periksa pula bearing roda depan truk secara berkala, jika terasa mulai longgar sebaiknya segera di setel kekencangannya. Dan pastikan melakukan spooring secara berkala. Nah itulah sedikit penjelasan mengenai solusi mengatasi ban depan truk yang aus bergelombang, semoga bermanfaat.

Baca juga : Nih penyebab kenapa rem truk gampang blong

Posting Komentar

0 Komentar