Penyebab Gardan Mobil Rusak Rompal

Kerusakan gardan mobil - gardan yang ada pada kendaraan roda empat dengan sistem penggerak belakang ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk pembeda putaran saat mobil dibelokkan sehingga tidak terjadi slip pada roda belakang. Fungsi lain dari gardan bisa kalian baca di artikel terdahulu kami di : Mengenal apa itu gardan dan fungsinya pada mobil.

Advertisement

apabila komponen ini hingga rusak sudah pasti tunggangan beroda empat akan mengalami kasus. Masalah dalam gardan kendaraan beroda empat ini umumnya mencakup bunyi yg mendengung waktu kendaraan beroda empat melaju, terjadi getaran

Penyebab Gardan Mobil Rusak Rompal

Apa penyebab gardan mobil bisa rusak ?

Selain karena faktor kelalaian si pemilik mobil dalam melakukan perawatan rutin berupa penggantian oli gardan yang pada umumnya dilakukan tiap kendaraan menempuh jarak 40.000km, juga dikarenakan kendaraan dipaksa mengangkut beban yang overload dan gaya berkendara yang keliru.

Gardan yang sering telat ganti oli maupun adanya kebocoran di bagian oli gardan dan tidak ditangani dengan baik sehingga menyebabkan gardan kurang oli, dapat mengakibatkan bearing yang ada pada gardan menjadi aus sehingga menimbulkan bunyi mendengung.

Begitu pula saat melakukan akselerasi maupun deselerasi secara mendadak ketika mobil sedang mengangkut beban maksimum dapat mengakibatkan gigi / gear gardan menjadi rontok.

Agar gardan mobil awet

Nah agar gardan mobil anda tetap awet terpelihara anda cukup melakukan ganti oli gardan sesuai dengan buku petunjuk servis. Dan sesekali periksa kondisi gardan mobil, jika terdapat rembesan oli sebaiknya segera periksa ketinggian oli gardan. Caranya adalah dengan membuka baut penyumbat oli gardan bagian atas, masukkan jari anda kedalamnya untuk memeriksa apakah disana masih ada oli atau tidak. Jika berkurang banyak sebaiknya segera tambahkan atau bawa ke bengkel langganan.

Pastikan anda tidak mengangkut beban yang terlalu berlebihan pada mobil, dan lakukan akselerasi maupun deselerasi yang tidak mendadak sehingga membuat mobil terhentak.

Baca juga : Bahaya memasukkan gemuk kedalam gardan mobil

Posting Komentar

0 Komentar