Tips Isi Tekanan Ban Motor Yang Ideal

Tekanan angin ban motor - mengisi tekanan udara pada ban motor memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, pasalnya jika kita sampai salah dalam mengisi tekanan angin ban, dampaknya selain berbahaya terhadap diri kita saat berkendara juga kurang bagus terhadap pemakaian ban.

Advertisement

tekanan angin ideal ban motor
Ilustrasi pompa angin dengan tachometer  image by : 1stgearmotorcycleschool, ca

Mengisi angin pada ban yg pertama kali wajib diperhatikan adalah mengenai indera pengisian angin yang digunakan, sebaiknya pakai yg telah dilengkapi memakai tachometer buat mengetahui seberapa besar tekanan didalam ban.

Tips Isi Tekanan Ban Motor Yang Ideal
Tachometer untuk mengukur tekanan angin pada ban, image by : 1stgearmotorcycleschool, ca

Sebab masih banyak sekali para pemilik sepeda motor yang mengisi tekanan angin ban hanya menggunakan mengandalkan

Baca juga : Waspadalah dengan tukang tambal ban yang curang

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat hendak mengisi angin ban adalah mengenai ukuran tekanan yang digunakan. Kalian sebagai pemilik wajib tahu ukuran tekanan ban yang disarankan untuk digunakan.

Untuk motor bebek ataupun motor matik untuk ukuran tekanan angin yang direkomendasikan adalah 28 hingga 30 psi untuk ban depan, dan 33 hingga 34 psi untuk ban belakangnya. Sedangkan ukuran tekanan angin yang ideal untuk motor jenis sport adalah 30 psi untuk ban depan, dan 34 psi untuk yang belakang.

Jika akan membonceng orang atau memuat barang yang lebih berat, ukuran tekanan ban yang di tambah hanya pada ban bagian belakang disesuaikan dengan berat beban yang diangkut saat itu, sedangkan untuk tekanan angin ban depan tetap.

Menggunakan tekanan angin yang tidak ideal dapat beresiko mulai dari ban yang cepat botak hingga kecelakaan di jalan raya. Nah semoga sedikit tulisan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga : Ketahui berbagai penyebab ban motor mengalami kebocoran

Posting Komentar

0 Komentar