Tips Mencegah Lubang Baut Spion Dol

Info - melakukan bongkar pasang baut / mur dengan interval yang terlalu sering, jika tidak dilakukan secara hati - hati tentu akan menyebabkan kerusakan. Baik kerusakan yang hanya sekedar slek ( salah ulir ), atau bahkan hingga ulir ikut tercabut akibat memasang terlalu kencang ( baut dol ) rentan terjadi.

Advertisement

Komponen motor yang acapkali kali dalam bongkar pasang selain baut drainase oli, satu diantarnya adalah kaca spion motor, banyak biker yang bahagia gonta ganti spion motor menggunakan alasan bosan melihat spion motor yg standar. Biasanya setelah membarui contoh spion brand tertentu, tidak lama lalu akan datang rasa bosan menjadi akibatnya menggantinya memakai model lain yg menurutnya jauh lebih menarik, begitu seterusnya.

Tips Mencegah Lubang Baut Spion Dol

Padahal bagian ulir lubang baut spion sangat rawan aus apabila spion terlalu tak jarang dibongkar pasang. Terlebih lagi jika menggunakan spion aftermarket yang ternyata ulir bautnya tidak sinkron dengan ulir yg masih ada pada lubang spion, otomatis ulir lubang spion pun akan langsung jebol bila dipaksakan.

Yang lebih cilaka lagi homogen - rata motor ( bebek ) yg kita miliki memiliki lubang spion yang menempel dengan master rem depan, sebagai akibatnya apabila terjadi dol kita harus membawanya ke tukang bubut, mengakali menggunakan menaruh lem atau mengganti satu set master rem yg baru.

Nah untuk mencegah agar tidak terjadi hal yang demikian, sebelum melakukan bongkar pasang spion motor pastikan bahwa ulir yang ada di spion maupun lubangnya sama. Cirinya adalah ketika kalian coba pasang dengan menggunakan tangan tidak terasa keras saat diputar. Bila saat diputar menggunakan tangan ternyata terasa keras, sebaiknya jangan kalian paksakan sebab hal ini tentu hanya akan merusak ulir baut yang ada.

Selanjutnya setelah mencoba memasang tidak dirasakan berat, lepas kembali spion lalu olesi bagian ulirnya dengan menggunakan pelumas, bisa menggunakan gemuk atau oli yang tidak terpakai, selanjutnya kalian bisa pasang kembali spion ke lubangnya. Sebagai pengaman tambahan disarankan meneteskan semacam cairan pengunci mur seperti loctite, sehingga kita tidak perlu memutar mur pengunci spion terlalu keras.

Untuk mencegah kerusakan lain, misalnya spion motor macet akibat bautnya sudah karatan, kalian bisa melakukan bongkar pasang dan memperbarui pelumas ulir setidaknya satu kali dalam sebulan. Bagi yang suka gonta - ganti spion tiap hari atau minggu, mungkin sebaiknya kalian perlu menambahkan mount spion adaptor yang sesuai.

Posting Komentar

0 Komentar