Waspada Cuci Mesin Mobil Bisa Bikin . . .

Info - salah satu cara untuk mempercantik mobil kita selain melakukan modifikasi maupun mencuci body nya agar terlihat kinclong ialah dengan mencuci area mesin yang biasanya disebut dengan istilah Engine Care.

Advertisement

Selain agar area di mesin terlihat bersih berkilau, juga akan membuat si pemiliknya terlihat care dengan tunggangan kesayangannya. Ibarat pepatah lama, kondisi mesin mobil mencerminkan sebersih / sejorok apa sang pemilik.

engine car wash

Nah ngomong - ngomong soal mencuci bagian mesin mobil, sebenarnya aman atau tidak sih melakukan pencucian bagian mesin mobil menggunakan air dan sabun ? apakah tidak membuat mesin jadi rusak atau error ?

Jawabannya sih tergantung, tergantung bagaimana cara si pencuci dalam melakukan pencucian area mesinnya. Karena pada umumnya area mesin ini tidak boleh terkena oleh air, mengingat dibagian dalam ruang mesin ini terdapat komponen elektronika dan sensor - sensor. Jika terjadi arus pendek di area sensor tertentu, pastinya error akan terjadi pada mobil, hal yang paling terlihat adalah mobil akan terasa tersendat atau brebet.

Bahkan pernyataan kami diatas di amin in oleh mekanik yang melakukan pencucian di area mesin mobil. Menurutnya jika tidak dilakukan secara hati - hati tentu akan beresiko demikian. Kemudian dia pun menjelaskan bahwa dalam proses mencuci ini tidak diperbolehkan mesin mobil dalam keadaan menyala hingga proses mencuci benar - benar selesai.

Tahap terakhir dalam mencuci mesin mobil ini ialah dengan menyemprot bagian dalam ruang mesin dengan menggunakan air gun atau mesin penyemprot udara. Hal ini ditujukan agar jika ada air yang menggenang di antara socket sensor mesin bisa menghilang sehingga sensor tidak terjadi error.

Dengan cara yang sesuai prosedur serta hati - hati dalam mencuci, kejadian mesin error tidak akan terjadi.

Posting Komentar

0 Komentar