Waspada Cuci Mobil Hidrolik Rawan Jatuh

Cuci steam hidrolik - saat ini banyak sekali bisnis jasa pencucian mobil di berbagai sudut perkotaan hingga pedesaan. Hal ini karena peluang untung di bisnis cuci mobil menggunakan alat steam dan dibantu dengan lift hidrolik akan membuat proses mencuci lebih cepat dan bersih hingga ke sudut terkecil pada mobil.

Advertisement

bahaya cuci mobil pake hidrolik

Namun sering kita mendengar berita mengenai banyak mobil yang mengalami kerusakan akibat terjatuh saat posisinya sedang diangkat menggunakn lift hidrolik cuci mobil. Kerusakan yang dialami pun beragam, mulai dari kerusakan ringan hingga mobil ringsek sebelah pun ada. Nah apakah benar mencuci dengan menggunakan lift hidrolik ini rawan sekali jatuh ?

#Penyebab mobil jatuh dari hidrolik saat diuci

Sebelum kita perlu mengetahui berbagai penyebab kenapa mobil yang dicuci dan diangkat menggunakan hidrolik single post ini bisa jatuh yang diantaranya kurang lebih seperti dibawah ini.

1. Posisi mobil kurang center

Karena lift hidrolik one post ini berupa sebuah pipa besi batangan besar yang ditanam didalam tanah dan jumlahnya hanya satu buah, untuk penggunaannya pun dituntut harus presisi. Mobil harus benar benar diparkirkan dengan posisi titik berat berada persis ditengah pipa hidroliknya. Jika mobil terlalu maju, terlalu mundur ataupun terlalu kekiri dan kekanan, tentu akan sangat beresiko terjatuh.

2. Terlalu tinggi menaikkan lift hidrolik

Nah kalo kasus yang satu ini saya pernah melihatnya di salah satu dealer mobil terbesar di tanah air, saat itu lift hidrolik yang hendak mencuci mobil dinaikkan terlalu tinggi hingga batang lift nya tercabut dan keluar, hasilnya sudah pasti mobil ikut terlempar dan jatuh kesamping. Pada bagian body sebelah kiri pun sampai rusak parah.

3. Lift hidrolik kurang mendapat perawatan

Terkadang karena mereka memburu omset hingga lupa bahwa lift hidrolik pun juga butuh diservis dan di cek secara berkala. Karena jarang atau bahkan blas tidak pernah diservis, membuat kita tidak tahu kondisi kesehatan lift hidrolik sehingga sangat rawan terjadi hal hal yang tak diinginkan seperti pecahnya seal oli yang membuat lift langsung ambles kebawah dan lain sebagainya.

Baca juga : Begini menghitung pemakaian listrik untuk alat cuci steam

#Tips penting seputar lift hidrolik cuci mobil

Bagi anda pelaku usaha cuci steam mobil yang menggunakan lift single post sebagai sarana untuk mempercepat pekerjaan, alangkah baiknya anda rutin melakukan perawatan secara berkala terhadap lift hidrolik yang digunakan untuk mencuci mobil.

Pada saat memarkirkan kendaraan yang hendak dicuci, pastikan posisi titik berat mobil tepat di bagian tengah hidrolik. Untuk itu kalian perlu mempelajari dan mencari tahu dimana titik berat sebuah mobil berada.

Jika kalian memiliki beberapa karyawan yang dipekerjakan untuk melakukan cuci mobil, berikanlah mereka edukasi mengenai cara pengoperasian lift hidrolik yang benar, posisi parkir mobil yang benar saat hendak dicuci, dan berikan batasan ketinggian lift hidrolik saat digunakan untuk mengangkat mobil yang akan dicuci.

Dan bila memiliki banyak anggaran sangat dianjurkan untuk menggunakan lift 2 post seperti lift yang biasa digunakan untuk servis kendaraan di bengkel resmi untuk digunakan mencuci mobil. Memang harga lift 2 post ini jauh lebih mahal dibandingkan lift hidrolik single post, namun keamanan tentu jauh lebih aman menggunakan lift yang 2 post.

2 post lift untuk cuci steam

Baca juga : Panduan mencuci mobil yang benar untuk bisnis cuci mobil

Memang yang namanya musibah bisa datang tanpa diduga duga, namun dengan melakukan beberapa hal diatas setidaknya kita bisa menekan atau meminimalisir terjadinya musibah yang lebih parah dikemudian hari. Nah semoga tulisan diatas dapat memberikan manfaat yang lebih bagi kita semua, jangan lupa di bagikan dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar