Apa Penyebab Stir Isuzu Panther Goyang Goyang ?

Setir Isuzu panther goyang - memiliki masalah pada kemudi mobil memang membuat kita menjadi merasa sangat jengkel, pasalnya dengan adanya masalah pada sistem kemudi tersebut, membuat kita menjadi kurang nyaman bahkan merasa was was saat mengemudikan mobil kesayangan.

Advertisement

Dari sekian poly perkara yg ada pada sistem kemudi kendaraan beroda empat, keliru satunya adalah stir kendaraan beroda empat terasa goyang goyang ketika dalam kemudikan khususnya dalam kendaraan beroda empat Isuzu Panther. Lalu apa sih penyebab setir tunggangan beroda empat terasa goyang

Apa Penyebab Stir Isuzu Panther Goyang Goyang ?

Penyebab stir panther goyang

1. Kondisi ban dan velg yang kurang bagus

Penyebab kenapa setir isuzu panther terasa goyang saat mobil di kendarai yang pertama adalah disebabkan karena adanya ban bagian depan yang mengalami benjol, ataupun karena kondisi velg mobil yang tidak bulat sempurna alias peyang. Untuk itu cobalah anda dongkrak body depan mobil panther anda, baru kemudian cobalah putar roda roda depan dan perhatikan apakah ada ban yang benjol / velg yang peyang atau tidak. Jika ada silahkan anda ganti dengan ban / velg yang kondisinya bagus, bisa dilakukan rotasi ban.

2. Kondisi understeel yang kurang bagus

Jika pemeriksaan ban dan velg menunjukkan kondisi yang baik baik saja, alias putarannya bulat sempurna, anda bisa melanjutkan pemeriksaan pada bagian understeel mobil yang meliputi ball joint atas dan bawah, tie rod dan long tie rod, idle arm maupun bearing roda. Jika ditemukan ada komponen understeel yang mengalami kerusakan / keausan sebaiknya dilakukan penggantian dengan sparepart yang baru.

Baca juga : Ini daftar understeel panther yang sering rusak

3. Setelah gearbox / steering gear yang kurang bagus

Pada mobil isuzu panther bentuk sistem kemudinya sangat berbeda dengan mobil kebanyakan saat ini yang telah menggunakan steering rack dan pinion, untuk mobil Isuzu panther ini masih menggunakan gearbox recirculating ball, dimana jika setelan ajusting screw kurang rapat, selain membuat freeplay setir terlalu banyak, efeknya setir mobil pun terasa goyang goyang saat dikemudikan. Untuk itu anda bisa melakukan penyetelan di bagian gearbox nya dengan cara merapatkan baut penyetelan.

Apa Penyebab Stir Isuzu Panther Goyang Goyang ?

4. Spooring mobil yang kurang bagus

Seiring penggunaannya tentu posisi geometri roda depan kendaraan seperti camber, caster dan juga toe-in akan berubah. Berubahnya posisi geometri roda yang telah bergeser / berubah juga dapat menimbulkan efek setir kemudi mobil menjadi goyang. Jika kesemua poin diatas sudah dilakukan dan ternyata mobil masih terasa goyang, ada baiknya anda melakukan tindakan spooring pada panther kesayangan.

Baca juga : Cara atasi mobil panther angin anginan

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa stir isuzu panther terasa goyang saat dikemudikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, jangan lupa untuk di share artikelnya dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar