Berapa Batasan Tambal Ban Tubeless Yang Aman

Tips tambal ban tubeless - saat ini ban yang paling populer digunakan untuk kendaraan roda empat ialah ban jenis tubeless, dan bahkan akhir akhir ini ban model tubeless pun juga populer di kalangan biker roda dua. Selain karena ban tubeless ini lebih ringan saat digunakan, juga ketika mengalami kerusakan seperti tertusuk paku dijalan raya, ban pun tidak akan langsung kempis selama paku tersebut masih menempel di bagian telapak ban.

Advertisement

maksimal tambal ban tubeless

Berbeda dengan ban jenis tube type atau ban yang masih menggunakan ban dalam, saat tertusuk paku maka secara otomatis angin akan habis keluar dari dalam ban, yang akhirnya saat kendaraan digunakan untuk melaju kencang dan kehabisan angin, ban tersebut akan langsung rusak / hancur.

Khusus untuk ban jenis tubeless ini angin hanya keluar sedikit demi sedikit hingga benar benar habis. Jadi ketika kita sedang berkendara dan tiba tiba ban mengalami kempis, kita akan langsung terasa dan dapat dengan mudah melakukan penambalan ban. Lalu pertanyaannya adalah seberapa banyak sih batasan maksimal dari ban tubeless yang di tambal ?

Resiko tambal ban tubeless model cacing

Untuk batasan mengenai seberapa maksimal banyaknya tambalan yang ada pada ban tubeless tidaklah mutlak, yang artinya kita harus melihat terlebih dahulu dimanakah posisi dari tambalan ban tersebut. Jika posisi kebocoran berada tepat di bagian dinding ban, maka presentase ban bisa dilakukan penambalan sangatlah minim, mengingat dibagian dinding ban tidak terdapat jalinan kawat. Jika dipaksakan ditambal dapat menyebabkan tambalan tersebut robek dan terjadilah pecah pada ban.

Untuk kebocoran yang berada dibagian telapak ban, sebaiknya tidak melebihi 5 lubang tambalan, sebab terlalu banyak lubang yang ditambal akan membuat tekanan udara menuju ke bagian bagian yang lemah ( bagian yang ditambal ) sehingga resiko ban menjadi benjol semakin besar. Ban yang benjol ini nantinya membuat body mobil terasa goyang dan tentunya akan berimbas pada kenyamanan berkendara kita. Untuk penjelasan mengenai resiko tambal ban tubeless cacing ini silahkan baca di artikel lain dibawah ini.

Baca juga : Inilah resiko tambal ban tubeless model cacing

Cairan penambal ban tubeless otomatis

Seiring berkembang dan populernya ban tubeless membuat beberapa pabrikan aksesoris otomotif meracik sebuah formula berupa cairan, yang mana cairan ini akan langsung menutup lubang pada ban saat tertusuk paku, sehingga seolah olah ban telah ditambal dari dalam. Lalu apakah cairan seperti ini bagus untuk jangka panjang jika digunakan didalam ban tubeless ? Ternyata cairan seperti ini tidak direkomendasikan untuk dipakai, sebab selain membuat putaran roda menjadi tidak stabil, jiga dapat merusak bagian dalam ban dan juga velg. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai efek buruk cairan penambal ban silahkan simak pada artikel yang pernah kami ulas berikut ini :

Baca juga : Bahaya penggunaan cairan penambal ban otomatis

Tambal ban tip top

Dari sekian teknik menambal ban yang mengalami kebocoran, kita mengenal istilah tambal ban yang bernama tip top. Tambal ban model ini layaknya menambal ban dalam yang bocor, bedanya yang ditambal disini adalah ban tubeless. Cara penambalannya adalah dengan melepas ban dari velg, kemudian membersihkan permukaan bagian dalam ban yang bocor, selanjutnya di tempel karet penambal dan di press menggunakan pemanas elektrik selama setengah jam. Untuk tambal ban model tip top ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dua jenis proses menambal diatas, yakni tingkat kebocoran kembali setelah ditambal sangan minim. Selain itu tambalan tip top juga dapat digunakan untuk menambal ban yang bocor dibagian dinding yang tidak bisa diatasi dengan tambalan cacing. Karena kelebihannya ini tambal ban tip top harganya juga sangat mahal, jika untuk tambal ban model cacing dihargai 15 hinga 20 ribu, untuk tambal ban tip top bisa sampai 50 ribu an per lubang. Untuk informasi lengkap mengenai tambal ban tip top silahkan baca artikelnya dibawah ini :

Baca juga : Tambal ban tip top, dari kualitas hingga keamanannya yang ciamik

Nah itulah tadi sedikit penjelasan tentang batasan ban tubeless bisa ditambal dengan menggunakan tambal ban cacing dan juga opsi jenis tambalan lain yang bisa digunakan pada ban tubeless. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Posting Komentar

0 Komentar