Berbagai Cara Bersihkan Plafon Mobil Yang Kotor

Cara membersihkan plafon mobil - salah satu bagian interior mobil yang acap kali luput dari perhatian kita saat membersihkan ialah bagian plafon atau langit langit ruang kabin mobil, selain bagian ini mudah sekali kotor dan luput dari perhatian, bahan plafon mobil ini juga rawan sekali kotor dan sangat sulit dibersihkan jika sudah terkena kotoran yang pekat.

Advertisement

Maka dari itu anda harus memberikan perawatan ekstra pada bagian yang satu ini agar nantinya tidak mudah kotor. Ketika plafon mobil sudah terlanjur banyak terkena kotoran, dalam membersihkannya pun kita tidak boleh sembarangan sebab salah salam memperlakukan pembersihan malah akan membuat plafon mobil menjadi semakin kotor atau bahkan bisa rusak.

membersihkan plafon mobil

Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membersihkan plafon ruang kabin mobil, ada baiknya anda mengetahui beberapa penyebab kenapa plafon mobil bisa menjadi kotor sehingga setelah nantinya dibersihkan, kita bisa menghindari plafon kotor kembali.

Merokok didalam kendaraan

Salah satu penyebab plafon mobil menjadi kotor dan warnanya berubah menjadi kekuning kuningan adalah dikarenakan oleh terlalu seringnya terkena asap rokok, jadi usahakan anda jangan pernah merokok didalam mobil kesayangan baik itu saat kendaraan sedang melaju maupun dalam keadaan terparkir.

Menyentuh bagian plafon mobil dengan tangan yang kotor

Terkadang tanpa kita sadari kita sering menyentuh bagian plafon mobil ini dengan menggunakan telapak tangan yang masih kotor, sehingga kotoran yang terdapat pada telapak tengan pun ikut mengotori permukaan plafon mobil. Agar tidak terjadi hal yang seperti ini lagi sebaiknya anda biasakan mencuci tangan sebelum masuk kedalam mobil.

Memasukkan barang bagasi tanpa memperhatikan atap plafon

Karena saking banyaknya barang bawaan yang akan dibawa entah itu mau mudik ataupun perjalanan jauh lainnya, kita memaksakan barang barang tersebut agar muat di letakkan di bagian bagasi mobil tanpa memperhatikan ketinggiannya, sehingga barang barang tersebut rawan menyentuh dan mengotori plafon, bahkan membuat kerusakan serius pada plafon mobil, misalkan saja plafon jebol gara gara mengangkut batang besi ( mungkin loh ).

Walaupun membersihkan bagian plafon mobil ini lebih sulit dibandingkan membesihkan bagian bagian interior yang ada didalam mobil, tetap saja plafon mobil ini wajib untuk anda rawat agar kebersihannya senantiasa terjaga dan tentunya akan memberikan kesan yang nyaman baik bagi anda sendiri maupun para penumpangnya.

Bisakah kita membersihkan plafon mobil sendiri ?

Jawabnya tentu saja anda bisa membersihkan plafon mobil kesayangan sendiri dirumah, namun anda harus melakukannya dengan hati hati, perhatikan bagaimana kondisi dari plafon mobil dan juga seberapa parah tingkat kotoran yang menempel. Nah beberapa cara yang bisa kalian tempuh guna membersihkan plafon kendaraan sendiri dirumah ialah sebagai berikut ini :

1. Cara bersihkan plafon mobil yang terkena kotoran debu

Jika plafon kendaraan anda hanya terkena kotoran berupa debu saja tanpa ada kotoran lainnya, maka cara membersihkannya sangat mudah sekali, anda cukup menyikatnya secara searah dengan menggunakan sikat lembut kering tanpa menggunakan air dengan perlahan lahan. Ingat jangan menggunakan air, sebab jika kita menggunakan air dalam membersihkan plafon yang berdebu malah akan membuat debu debu tadi semakin menempel ke plafon.

2. Menghilangkan plafon mobil yang terkena noda ringan Bila ternyata plafon kendaraan anda terdapat noda yang ringan, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembab, anda bisa menggunakan sikat gigi halus yang telah di basahi dengan air yang dicampur sedikit larutan deterjen tanpa diaduk ( agar tidak menimbulkan busa ). Kemudian kibas kibaskan sikat tadi sehingga diperoleh permukaan sikat yang lembab. Silahkan anda gosokkan sikat tersebut ke bagian plafon yang terkena noda ringan secara searah sampai noda tadi terangkat, setelahnya anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kain microfiber. Pastikan larutan deterjen dan air tadi tidak menimbulkan busa karena jika sampai berbusa, ketika digunakan membersihkan malah akan meninggalkan noda berupa flex.

3. Membersihkan plafon dengan noda pekat

Jika ternyata noda yang terdapat pada permukaan plafon mobil tergolong pekat, jika anda berencana untuk membersihkannya sendiri sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan khusus pembersih plafon mobil. Adapun alat dan bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut ini :

  • Kain bersih lembut dan halus, bisa gunakan kain microfiber.
  • Cairan pembersih khusus untuk plafon mobil, dapatkan di toko detailing dan aksesoris mobil.
  • Air bersih dan jernih secukupnya.

Langkah membersihkan plafon mobil dengan noda pekat

Basahi kain microfiber tadi dengan menggunakan air bersih dan diperas sehingga diperoleh kain microfiber dengan kondisi lembab atau mamel. Selanjutnya silahkan diusapkan ke permukaan plafon mobil yang terdapat noda pekat. Setelah itu anda bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih plafon mobil ke area yang terdapat noda pekat dan gosok secara perlahan lahan menggunakan kain microfiber tadi hingga noda terangkat.

4. Bersihkan dengan memakai vacuum cleaner

Banyak orang yang tidak menyarankan membersihkan plafon mobil dengan menggunakan vacuum cleaner dengan alasan dapat merusak si palfon mobil. Padahal vacuum cleaner ini bisa digunakan untuk membersihkan permukaan plafon yang kotor, terutama kotor karena debu dengan syarat anda menggunakan daya hisap vacuum yang paling kecil. Dengan memanfaatkan daya serap mesin vacuum yang paling kecil ini tentu saja tidak akan merusak bagian plafon mobil.

Nah sampai disini tips membersihkan plafon mobil yang kotor, untuk tulisan lebih lengkap mengenai membersihkan plafon mobil dilihat dari bahannya akan kami bahas dilain waktu, salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar