Cara Atasi Kunci Tangki Motor Dan Jok Yang Macet

Kunci tangki motor macet - pada kendaraan bermotor roda dua biasanya kunci pembuka tutup tangki untuk motor model sport naked bike, serta untuk kunci jok nya terintegrasi dengan kunci utama, namun karena bagian tangki maupun jok lebih jarang dibuka ketimbang kunci starter, membuat kondisi rumah kunci yang jarang di fungsikan ini menjadi kotor, berkerak / berkarat yang mengakibatkan jok maupun tangki motor tidak dapat dibuka.

Advertisement

kunci tangki motor macet

Hal ini tentu akan menyebabkan kepanikan disaat anda hendak membuja jok motor, atau membuka tutup tangki bensin padahal telah terlanjur antri dalam SPBU, sebagai akibatnya membuat anda menjadi kesal. Jika anda mengalami insiden yg demikian, usahakan jangan memaksakan membuka tutup tangki ataupun jok motor yang macet ini secara paksa memakai anak kunci, lantaran dikuatirkan anak kunci tadi malah patah didalam.

Baca juga : Tips atasi tuas kopling motor yang keras

Untuk mengatasi hal ini yg perlu dilakukan adalah anda wajib bersabar & nir emosi, sehabis itu silahkan anda beli cairan pelumas homogen WD40, penetrant ataupun cain lube yang sanggup merontokan zat oksidasi & derak membandel penyebab loka tinggal kunci tadi sebagai macet.

Silahkan anda semprotkan cairan penetrant / WD40 tadi ke bagian lubang anak kunci, lalu masukkan anak kunci kedalamnya sambil pada mainkan menggunakan cara diputar2 sedikit supaya terjadi pergeseran / konvoi didalamnya, bubut anak kunci

Setelah kunci jok ataupun kunci tangki motor sudah berhasil terbuka, silahkan anda lakukan apa yang anda perlukan, misalnya mengisi BBM, atau sekedar mengambil peralatan yang ada didalam jok motor. Sesampainya dirumah silahkan anda buka kembali penutup tangki motor ataupun kunci jok tadi dan lakukan inspeksi. Cek apakah ada pegas yang lemah ataukah tidak, jika iya sebaiknya anda lakukan penggantian satu set rumah kunci tersebut agar tidak terjadi kasus serupa dikemudian hari.

Namun jika ternyata kondisi pegas masuh bagus dan hanya karatan saja, silahkan anda lakukan pelumasan rutin setidaknya seminggu sekali agar tidak macet kembali. Untuk harga cairan pelumasan ini sangatlah terjangkau antara Rp 24.000 an hingga Rp 75.000 an per botolnya dan bisa kalian dapatkan di toko peralatan mobil dan motor / toko onderdil.

Baca juga : Yuk mengenal velg motor tanpa jari jari !!!

Nah begitulah cara mengatasi kunci tutup tangki motor dan jok motor yang mengalami macet, semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Posting Komentar

0 Komentar