Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil

Mengecek kondisi aki mobil - keberadaan aki atau baterai pada mobil yang paling utama ialah membantu menyalakan mesin mobil untuk pertama kalinya melalui dinamo starter. Tanpa adanya energi listrik pada aki mobil yang mumpuni, tentu starter mobil tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itulah kita harus memberikan perhatian yang lebih terhadap kondisi aki mobil.

Advertisement

Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil

Perawatan aki kendaraan beroda empat ini sangatlah mudah, hanya saja tidak poly pemilik kendaraan beroda empat yg jangan lupa menjadi akibatnya seringkali kali terjadi kerusakan aki misalnya air aki yg habis sampai yang paling parah adalah aki kendaraan beroda empat menjadi sowak / rusak akibat terlalu seringkali kekurangan cairan aki

Baca juga : Perbedaan aki basah dan aki jenis MF

Dalam merawat aki mobil, beberapa langkah simpel yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah adalah dengan rutin memeriksa kondisi air aki pada batas normalnya, yakni diantara lower level dan jangan terlalu banyak menambahkan air aki melebihi batas upper level. Selain itu kalian juga harus tahu tentang kondisi aki mobil, apakah kondisinya masih bagus ataukah sudah kurang sehat dengan melihat indikator warna yang terdapat pada aki mobil. Beberapa aki ada yang memiliki indikator ini, dan beberapa lagi ada yang tidak, nah pada aki mobil yang memiliki indikator warna, dibawah ini adalah arti dari warna yang muncul serta penyebab dan penyelesaiannya.

Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil

1. Warna lingkaran biru dengan titik merah di tengah

Warna yang muncul pada indikator aki mobil seperti ini, menandakan bahwa aki mobil kalian dalam kondisi baik baik saja alias dalam keadaan prima, anda tidak perlu melakukan apa apa. namun tetap jaga kondisi air aki tetap di batas normal yakni diantara lower level dan upper level.

2. Warna lingkar putih dengan titik merah di tengah

Warna yang muncul pada indikatoe aki mobil yang demikian menandakan bahwa aki mobil kalian kekurangan setrum. Hal ini bisa dikarenakan kesalahan anda tidak mematikan komponen kelistrikan saat memarkirkan mobil, menyalakan beberapa perangkat audio maupun kelistrikan mobil yang lain saat mobil dalam kondisi mesin mati, maupun karena aki mobil sudah tidak dapat menyimpan daya lagi ( sowak ).

Untuk mengatasi hal ini silahkan anda charger aki mobil hingga penuh, kemudian hindari beberapa penyebab aki kurang setrum yang telah disebutkan diatas. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, cobalah periksakan pengisian dinamo ampere mobil, jika dinamo ampere mobil tidak dapat melakukan pengisian sebagaimana mestinya, silahkan lakukans servis dinamo ampere di bengkel khusus dinamo. Setelah dinamo ampere sudah diservis dan normal, namun aki masih tetap seperti itu, bisa dipastikan aki mobil anda sudah rusak dan perlu diganti baru.

3. Warna lingkaran merah dengan titik putih di tengah

Jika anda melihat indikator warna yang demikian pada aki mobil milik kalian, artinya aki kekurangan cairan elektrolit dan sebaiknya segeralah tambahkan air accu tambah. Berkurangnya cairan elektrolit didalam aki ini sangatlah wajar, mengingat saat mesin mobil dan pengisian aki menyala, aki akan panas dan membuat cairan didalamnya menguap. Namun bila terjadi penguapan secara berlebihan bahkan jika air aki terlihat seperti mendidih, cobalah lakukan pemeriksaan pada tegangan pengisian aki, jika terlalu berlebihan berarti ada kerusakan pada dinamo ampere. Silahkan lakukan servis dinamo ampere di bengkel khusus dinamo.

Baca juga : Detail penyebab air aki bisa mendidih dan bergolak

Nah itulah tadi artikel tentang cara mengetahui kondisi aki mobil, semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat, dan jangan lupa untuk dibantu share. Salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar