Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

Tips merawat shockbreaker motor - suspensi atau shockbreaker ialah komponen penting yang terdapat pada motor yang memiliki fungsi untuk meredam getaran. Pada umumnya ukuran dari shockbreaker tiap jenis sepeda motor berbeda tergantung dengan berat beban masing masing motor, dan karena fungsinya yang sangat penting inilah shockbreaker perlu dirawat dengan baik agar dapat berkinerja dengan optimal serta memiliki umur yang panjang.

Advertisement

Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

Namun sebelumnya perlu anda ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan shockbreaker motor sering mengalami kerusakan sehingga dengan tahu faktor faktor penyebabnya, kita akan dengan mudah memberikan perlakuan dan perawatan yang baik dan benar. Adapun faktor faktor penyebab shockbreaker mudah mengalami kerusakan ialah sebagai berikut.

Faktor medan jalanan

Penyebab kerusakan shockbreaker ini beraneka ragam dan salah satunya ialah karena motor sering digunakan di jalanan yang kurang bagus, tidak rata, bergelombang atau berlubang - lubang, kecuali memang motor anda adalah motorcorss yang didesain dan diperuntukkan untuk melibas jalanan off road. Nah karena motor di jalanan kebanyakan tidak dirancang untuk itu, jika terlalu sering dipakai di jalanan yang kurang bagus dapat mempercepat kerusakannya. Agar tidak cepat rusak, sebaiknya hindari melewati jalanan yang kurang bagus, namun jika jalan tersebut adalah satu satunya akses yang bisa kalian lalui, setidaknya pelankan laju motor anda.

Faktor berat beban

Selain karena seringnya motor digunakan untuk ngebut di jalanan yang tidak bagus, penyebab shockbreaker motor cepat mengalami kerusakan ialah karena kurangnya pengetahuan oleh si pemilik tentang maksimal beban angkut dari motor / kendaraan yang mereka miliki. Sebagai contoh motor model monoshock berkapasitas 150cc rata rata hanya mampu memikul beban seberat 150 kg hingga 170 kg ( Lebih jelas silahkan lihat spesifikasi motor ), sedangkan motor dengan dual shockbreaker mampu memikul beban yang lebih berat dari itu. Jika motor sering digunakan untuk mengangkut beban yang lebih berat dari max load,dapat membuat umur shockbreaker menjadi pendek. Dan agar shockbreaker tetap awet pastikan anda tidak mengangkut beban secara berlebihan.

Baca juga : Monoshock VS dualshock bagusan mana ?

Faktor kebersihan

Masih banyak pemilik motor yang tahu cara menggunakannya, namun tidak tahu bagaimana cara merawatnya terutama masalah kebersihan motor. Mencuci atau membersihkan sepeda motor dari segala kotoran yang melekat adalah salah satu hal wajib agar tunggangan kita selain senantiasa bersih juga terhindar dari yang namanya kerusakan, terutama di bagian shockbreaker yang sering kali terkena debu bahkan pasir selama di perjalanan. Debu maupun pasir yang menempel di bagian shockbreaker ini jika tidak dibersihkan akan membuat karet seal pelindung menjadi aus sehingga rentan mengalami kebocoran.

Bila kerusakan yang terjadi pada shockbreaker sudah demikian parah, satu satunya jalan adalah mengganti komponen tersebut dengan komponen yang baru, namun jika kerusakan yang terjadi hanyalah sekedar macet karena adanya kotoran di sela sela shockbreaker, cukup cuci dan bersihkan di bagian yang kotor kemudian dilumasi maka shockbreaker dapat berkerja seperti sedia kala.

Baca juga : Lakukan hal ini segera jika sepeda motor terendam banjir

Melumasi suspensi motor secara berkala, selain menjaga agar suspensi tidak cepat rusak juga dapat membuat berkendara semakin nyaman. Maka dari itu setidaknya dalam satu bulan sekali berikan pelumas khusus di bagian shockbreaker motor.

Posting Komentar

0 Komentar