Ciri Sparepart Palsu, Awas Jangan Sampai Salah Beli

Ciri ciri sparepart palsu - untuk urusan penggantian sparepart kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor, sangat dianjurkan untuk menggunakan onderdil yang asli. Selain karena sparepart asli pada umumnya mampu bertahan cukup lama, juga lebih menghemat pengeluaran dibandingkan anda membeli sparepart yang asli karena pada umumnya sparepart seperti ini mudah sekali rusak.

Advertisement

Ciri Sparepart Palsu, Awas Jangan Sampai Salah Beli

Bagi kita yang sering bergelut menggunakan global teknik tentu sangat mudah sekali membedakan suku cadang yg orisinil dan yang palsu, lalu bagaimana memakai mereka yg umum mengenai hal ini ? Tentu saja mereka akan kesulitan untuk membedakannya. Nah sebelum kita mengulas mengenai ciri ciri suku cadang palsu, silahkan anda pahami terlebih dahulu definisi menurut

"Sparepart atau onderdil palsu ialah suatu produk suku cadang baik itu untuk motor, mobil dan lain sebagainya yang dijual dengan menggunakan nama / merk dari produk terkenal guna mengelabuhi para pembeli."

Nah setelah mengetahui apa sih yang dimaksud dengan sparepart palsu, dibawah ini adalah ciri ciri dari sparepart palsu yang perlu anda ketahui, sehingga anda tidak sampai salah beli. Adapun ciri ciri nya adalah sebagai berikut :

Ciri ciri suku cadang / sparepart palsu

1. Menggunakan merk terkenal

Suku cadang palsu tentu saja dibuat menyerupai produk aslinya ( khusus suku cadang poin ini tidak berlaku ), dan juga memakai nama merk terkenal seperti misalnya Honda, Yamaha, Toyota, Daihatsu, dan lain sebagainya sehingga baik nama brand, merk dan kemasan dibuat menyerupai aslinya. Berbeda dengan produk aftermarket, walaupun bentuknya sama persis, namun untuk urusan merk mereka memakai nama brand mereka sendiri, seperti contohnya suku cadang mobil aftermarket yang paling banyak digunakan ialah produk aftermarket merk 555.

2. Harga jual yang terlalu murah

Pada umumnya semua toko onderdil diperbolehkan menjual suku cadang original yang biasanya mereka dapatkan dari inden atau memesan dalam jumlah besar ke gudang bahan pabrikan. Untuk harga suku cadang asli di toko luar memang sewajarnya lebih murah, karena disana kita tidak dikenai pajak PPn dan upping harga sebagaimana di dealer resmi. Namun demikian selisih harga antara yang dijual di dealer dengan di toko luar tidak lebih dari 17%. Jika anda mendapati sparepart dengan selisih harga yang terpaut jauh, misalnya saja selisih 50% sebaiknya anda teliti kembali produk tersebut.

3. Kualitas kemasan kurang baik

Biasanya produk suku cadang palsu ini di kemas dengan menggunakan kemasan yang kurang berkualitas, cetakan kemasan yang ngeblur, tidak rapih dan bahan kemasan yang berkualitas rendah. Penggunaan bahan kemasan yang kualitasnya rendah ini dimaksudkan untuk menekan biaya produksi. Dan biasanya pada kemasan suku cadang palsu mereka tidak mengenakan logo hologram seperti yang ada pada kemasan onderdil asli.

4. Material dan tampilan yang kurang bagus

Yang namanya produk asli original tentu saja dibuat dari bahan material pilihan, serta proses finishing yang baik. Berbeda dengan produk palsu. Jika kalian tidak mampu membedakan kemasan onderdil yang asli dan palsu, kalian bisa membedakan bentuk / tampilan dari suku cadang tersebut. Biasanya pada produk palsu selain tampilannya kurang meyakinkan, bahan material pembuatnya pun juga terlihat ringkih.

Baca juga : Inilah alasan oli di bengkel resmi harganya mahal

Nah diatas adalah beberapa ciri ciri dari produk sparepart atau onderdil palsu yang bisa kalian jadikan patokan ketika hendak membeli sendiri suku cadang diluar bengkel resmi. Untuk menjamin keaslian dan keamanan terhadap kendaraan, sangat disarankan untuk selalu rutin melakukan servis di bengkel resmi, karena disana yang dijual pastilah suku cadang yang asli.

Beberapa bengkel resmi pun juga tidak selalu menyediakan stok suku cadang yang jarang rusak ( slow moving ), sehingga terkadang tidak ada pilihan lain selain terpaksa harus menggunakan suku cadang aftermarket, itupun mereka terlebih dahulu mengonsultasikan hal ini kepada anda. Jika setuju mereka atau anda sendiri bisa mencarikan di toko luar, untuk masalah pemasangan bisa dilakukan di bengkel resmi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa dibantu share artikelnya, salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar