Fungsi Evaporator AC Mobil

Fungsi evaporator AC - evaporator atau yang sering disebut juga dengan sebutan cooler ialah salah satu bagian dari sistem pendinginan AC mobil yang memiliki peranan penting selain kompressor, freon, minyak pelumasan dan juga kondensor, sebab di bagian evaporator inilah proses terjadinya pengkabutan dari cairan freon AC terjadi sehingga menghasilkan hawa dingin yang selanjutnya akan ditiup oleh blower menuju ke seluruh ruangan kabin mobil.

Advertisement

evaporator ac mobil

Cara kerja sistem AC mobil

Sekilas mengenai cara kerja dari sistem pendinginan AC mobil ialah sebagai berikut ini.

Saat AC mobil dihidupkan maka kompressor AC akan berputar dan bekerja menghisap gas freon yang bertekanan rendah menuju ke bagian kondensor AC yang bertekanan dan bersuhu tinggi, sehingga gas freon tadi akan berubah menjadi freon cair yang memiliki suhu panas. Apabila pressure atau tekanan freon terlalu tinggi bisa membuat kinerja kompressor AC harus bekerja lebih berat, maka dari itu pada sistem AC terdapat sebuah pessure cut off yang dapat mematikan kompressor AC ketika terjadi tekanan yang berlebihan di bagian selang high pressure.

Freon yang sampai di bagian kondensor masih bersuhu panas, sehingga nantinya akan didinginkan di bagian kondensor dan dibantu dengan kipas / fan, setelah didinginkan selanjutnya cairan freon tadi akan di distribusikan ke bagian saringan AC yang disebut dengan Receiver Drier untuk disaring bilamana terdapat kotoran didalamnya.

Dari filter AC ini selanjutnya cairan freon akan didistribusikan menuju ke bagian katup ekspansi untuk dijadikan pengkabutan, yang nantinya freon cair seketika itu akan akan berubah menjadi gas freon kembali yang memiliki suhu sangat dingin. Selanjutnya gas freon bersuhu dingin ini akan dimasukkan kedalam evaporator AC sebagai penampung sumber udara dingin, yang selanjutnya hawa dingin yang keluar melewati kisi kisi evaporator akan di tiup oleh kipas blower ke seluruh bagian kabin mobil.

Pad bagian evaporator terdapat sebuah thermostat khusus yang berfungsi untuk menjaga agar valve ekspansi tidak membeku, jika sampai terjadi pembekuan di bagian katup ekspansi ini maka proses pendinginan udara akan terjadi kegagalan. Nah fungsi dari thermostat khusus ini ialah guna menjaga kinerja AC agar tetap stabil dengan cara memutuskan kinerja kompressor sehingga siklus AC dapat berhenti.

Nantinya gas freon yang bersuhu rendah yang keluar dari evaporator akan dihisap kembali oleh kompressos Ac, siklus pendinginan akan kembali ke titik awal dan begitu seterusnya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini :

diagram sistem ac mobil
Alur kerja sistem pendinginan AC mobil

Baca juga : Cara mengecek kebocoran evaporator AC mobil

Secara sederhana proses dari sistem AC ini memiliki prinsip kerja layaknya lemari es, yakni evaporator akan menyerap suhu udara yang panas, dan selanjutnya mengeluarkannya kembali dalam bentuk suhu udara yang dingin. Proses ini berkebalikan dengan yang ada di kondensor yakni menyerap udara dingin yang kemudian dikeluarkan dalam bentuk udara panas. Jumlah udara yang dihisap oleh evaporator harus sama besar dengan udara yang dihisap oleh kondensor, bila terjadi ketidak seimbangan, maka kinerja dari sistem pendingin ini akan terganggu.

Nah mengingat pentingnya keberadaan evaporator pada sistem pendinginan AC mobil, maka kitapun wajib melakukan perawatan di bagian ini. Caranya cukup dengan membersihkan evaporator dari kotoran yang melekat setiap jarak tempuh per 20.00km atau setidaknya setahun sekali dan melakukan penggantian filter AC atau filter drier agar AC mobil senantiasa dingin.

Bila evaporator AC tidak pernah dibersihkan akan membuat kondisi kisi kisi evaporator di hinggapi oleh kotoran. Kondisi evaporator yang kotor selain membuat AC mobil terasa tidak dingin, juga akan mengakibatkan evaporator tersebut menjadi sarang jamur dan penyakit yang ditandai dengan terciumnya bau tidak sedap / busuk saat AC mobil dinyalakan.

Baca juga : Awas evaporator AC yang kotor bisa jadi sarang penyakit loh !!!

Nah sampai disini penjelasan kami mengenai fungsi dari evaporator AC yang terdapat pada sistem pendinginan mobil, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share artikel ini di media sosialmu, berbagi itu indah :).

Posting Komentar

0 Komentar