Fungsi Gas Spontan Motor ( Quick Throttle )

GAs spontan sepeda motor - pada umumnya rata rata sepeda motor yang digunakan oleh pembalap rata rata memakai quick throttle atau yang kita kenal dengan sebutan gas spontan. Istilah gas spontan ini mengacu dan sesuai namanya yakni spontan, memiliki jarak diameter gas yang lebih pendek dibandingkan gas motor standar bawaan ketika di tarik sehingga membuat gas menjadi lebih spontan ketika di geber tanpa harus memelintir gas dalam dalam.

Advertisement

Gas impulsif, image by ridergalau.Com

Dengan menggunakan gas spontan ini maka akan menambah akselerasi sepeda motor sebagai lebih responsif, terlebih apabila sepeda motor yg anda pasang quick throttle ini mempunyai akselerasi yg mantap pula. Namun bagi sepeda motor yang memiliki akselerasi biasa, permanen terdapat rasa responsif ya tetapi nir begitu bertenaga layaknya motor yg berakselerasi indah.

Bagus gas impulsif atau baku buat motor yang masih baku ?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh mereka yang penasaran dengan produk gas spontan yang saat ini banyak ditawarkan di toko toko modifikasi motor. Untuk bagus dan tidaknya tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan yang kalian inginkan, untuk berkendara sehari hari baik itu gas spontan maupun gas standar sama sama nyaman dipakai, khusus untuk gas spontan malah akan membuat tangan anda tidak terasa capek seperti ketika kita menggunakan gas standar yang harus memutar gas dalam dalam. Dan untuk motor balap beberapa pembalap menyebutkan wajib hukumnya memakai gas model ini ( spontan ).

Gas impulsif merk bungbon

Fungsi gas spontan atau quick throttle

Fungsi utama dari quick throttle ini ialah untuk memaksimalkan momen putar ketika si rider memelintir grip gas, pada dasarnya penggunaan gas spontan ini dipergunakan pada kendaraan roda dua jenis motor cross dimana motor ini seringkali digunakan untuk melibas sirkuit dengan jarak yang pendek serta trek yang dilaluinya naik turun layaknya perbukitan. Bahkan beberapa rider motor cross ini melakukan free style seperti terbang diudara dengan sekali gas, bisa anda bayangkan jika momen putar dari mesin motor terlalu panjang, tentu saja akan mengalami kesulitan untuk melakukan itu semua karena harus memutar grip gas dalam dalam. Nah dari sinilah tercipta quick throttle atau gas spontan.

Dan seiring perkembanganya gas impulsif ini tidak diaplikasikan hanya buat motor cross saja, tetapi jenis motor balap drag, underbone bahkan motor yg dipakai harian pun sudah poly yang menggunakan gas spontan.

Baca juga : Mitos otomotif : benarkah melakukan bore-up bisa menghemat bahan bakar ?

Kelebihan dan kekurangan menurut gas impulsif sepeda motor

Gas spontan yang diaplikasikan pada sepeda motor tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya. Kelebihan dari penggunaan gas spontan ini adalah kita bisa langsung memperoleh putaran mesin yang maksimal karena bukaan gas lebih dipercepat, sehingga kita bisa lansung menggenjot tenaga mesin secara maksimal hanya dengan sedikit memutar grip gas motor. Dengan pendeknya putaran grip maka tangan kita pun menjadi tidak terlalu pegal karena memelintir gas yang sangat dalam seperti halnya gas motor standar. Selain itu pemasangan gas spontan juga akan menambah tingkat keren sepeda motor kalian.

Kekurangan menurut gas impulsif ini apabila diaplikasikan pada sepeda motor standar pabrik ( belum dioprek ) hanya akan menciptakan taraf konsumsi bahan bakar sebagai lebih boros yg dikarenakan pengaturan bukaan suplay bahan bakar

Baca juga : Pilih mana antara motor STNK only atau BPKB only untuk keamanan ?

Nah itulah tadi sekilas tentang gas spontan sepeda motor, fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari gas spontan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar