Fungsi Power Steering Mobil

Fungsi power steering - hampir bisa dipastikan seluruh kendaraan yang diproduksi saat ini mengaplikasikan teknologi power steering guna menambah kenyamanan sang sopir dalam mengendarai kendaraan roda 4, entah itu mobil pribadi atau kendaraan muatan berat seperti truk dan bus.

Advertisement

Ngomong ngomong mengenai power steering, sebenarnya apa sih yang dinamakan menggunakan power steering

fungsi power steering

Power steering mobil

Sesuai dengan namanya yakni power steering, maka sudah jelas jika fungsi dari perangkat power steering ini gunanya untuk menambah power atau kekuatan pada bagian steering sistem ketika mobil sedang digunakan. Gampangnya dengan adanya power steering ini kemudi mobil akan lebih mudah serta ringan ketika di belokkan karena adanya bantuan tenaga dari perangkat power steering ini.

Baca juga : Ini beberapa kelebihan mobil menggunakan power steering

Jenis power steering

Didunia otomotif saat ini terdapat dua jenis power steering, yang pertama adalah power steering konvensional yang masih menggunakan fluida, dan power steering elektrik yang menggunakan bantuan dinamo. Dari kedua jenis power steering ini tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing, untuk kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis power steering tersebut mungkin akan kami bahas dilain kesempatan.

Baca juga : Kelebihan kekurangan power steering elektrik

Kerusakan power steering mobil

Adapun kerusakan yang dialami oleh komponen perangkat power steering ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya adalah karena kurangnya si pemilik dalam melakukan perawatan power stering, kualitas material yang kurang bagus, adanya malfungsi pada sistem power steering hingga faktor usia pakai yang sudah tua dapat menyebabkan power steering mobil bisa mengalami kerusakan. Jika power steering rusak ada dua opsi sesuai dengan diagnosa dan analisa yang ditemukan, yakni diperbaiki bagian yang mengalami kerusakan dengan melakukan penggantian, atau melakukan penggantian assy ( satu set ) jika ternyata kerusakan tidak bisa di atasi dengan jalan repair.

Baca juga : 5 Penyebab power steering cepat sekali rusak

Perawatan power steering

Nah agar power steering mobil tidak mudah rusak, maka anda sebagai pemilik mobil pun wajib melakukan perawatan di bagian power steering ini, sebenarnya merawat power steering tidaklah sulit, cukup lakukan penggantian fluida power steering secara berkala dan hindari hal hal yang dapat merusak power steering itu sendiri.

Baca juga : Tips merawat power steering agar tidak mudah rusak

Nah semoga tulisan mengenai fungsi dari power steering mobil diatas dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi para pembaca, salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar