Kasus Rem Bus Dan Truk Blong Siapa Salah ?

Rem bus dan truk blong - sering kali kita bahkan sampai bosan mendengar berita berita mengenai kendaraan besar sekelas truk dan juga bus yang mengalami rem blong, yang menyebabkan banyak sekali kecelakaan baik itu kecelakaan tunggal seperti kendaraan yang terbalik hingga kecelakaan beruntun yang memakan korban jiwa. Lalu kenapa sih rata rata dari semua jenis kendaraan, jenis bus dan juga truk adalah jenis kendaraan yang sering mengalami rem blong ?

Advertisement

rem truk dan bus blong
Piston rem truk bawah, gambar kiri masih bagus dan gambar kanan sudah berkarat

Rem kendaraan besar yang terkenal sering mengalami rem blong ini bisa diakibatkan oleh banyak sekali faktor, mulai dari faktor malfungsi dari sistem pengereman, hingga faktor kelalaian si sopir dalam mengoperasikan kendaraan besar yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya rem blong.

1. Rem truk blong karena malfungsi Salah satu penyebab rem kendaraan besar sekelas truk dan juga bus yang terjadi rem blong biasanya dikarenakan adanya kerusakan atau malfungsi dari sistem pengereman yang dikarenakan jarangnya kendaraan tersebut di servis. Anda tentu susah tahu bahwa kendaraan niaga seperti truk dan bus kebanyakan si pemiliknya jarang memperhatikan servis rutin, mengingat hampir setiap hari digunakan untuk bekerja, kebanyakan pemilik kendaraan berfikir daripada kendaraan tersebut diservis dan malah kehilangan omsetnya, lebih baik tetap nekat dioperasikan saja. Walaupun tidak semua pemilik kendaraan besar melakukan hal ini, namun rata rata memang demikian adanya, terutama mereka yang memiliki truk berusia tua.

2. Rem truk blong akibat kelalaian sang sopir

Didalam berkendara tentu ada atran aturan yang perlu ditaati oleh semua pengguna jalan, jalanan umum apalagi yang kondisinya lenggang tentu membuat banyak sekali sopir kebut kebutan, dan disaat ada hal genting misalnya akan bertabrakan dan melakukan pengereman mendadak dalam jarak yang cukup jauh, hal ini bisa membuat bagian sistem rem mengalami overheating dan menyebabkan rem menjadi blong.

rem truk dan bus blong
Kondisi piston master rem bawah rusak, indikasi macet dan penyebab rem blong

Atau ketika truk melewati jalanan tanjakan ataupun turunan dimana sang supir kurang lihai dalam mengemudikan truk, bisa juga mengakibatkan truk tadi meluncur entah itu mundur maupun maju, sehingga sang sopir pun menjadi panik dan melakukan hard bracking, hard bracking di tanjakan sangat rawan menyebabkan rem menjadi overheat dan blong, sehingga disarankan bagi pengemudi melakukan metode pengereman menggunakan engine brake dan disusul dengan exhaust brake terlebih dahulu, sebelum mengerem dengan menggunakan pedal rem.

Dari keduanya diatas, memang rem truk blong tidak dapat diprediksi, bahkan truk yang baru saja di servis pun terkadang bisa blong rem nya, nah agar terhindar dari rem truk ngeblong, sebaiknya kita selalu memperhatikan jadwal servis berkala truk maupun bus, serta membekali si sopir dengan ilmu serta teknik mengemudi yang baik, termasuk mengenai bagaimana cara mengambil tindakan saat terjadi rem blong.

Baca juga : Cara spooring truk dan bus sendiri dengan meteran

Sampai disini semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk di bantu share artikelnya, terimakasih dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar