Kekurangan Mobil Penggerak Depan

Kekurangan mobil penggerak depan - mobil yang menggunakan sistem penggerak depan yang sangat ciamik digunakan di jalanan perkotaan ternyata berbeda rasanya saat digunakan di jalanan non perkotaan seperti jalanan setengah jadi alias makadam, jalanan berpasir dan berkerikil, jalanan yang berbukit bukit serta jalan yang dibuat dari material non aspal seperti jalanan cor atau tanah.

Advertisement

honda jazz

Karena mobil berpenggerak depan sejatiya dibuat buat handal pada jalanan perkotaan, maka saat digunakan buat menghajar jalanan non perkotaan akan langsung terasa perbedaannya, galat satu contoh yang paling tak jarang terjadi dalam kendaraan beroda empat berpenggerak depan ketika digunakan buat menanjak, terutama pada jalanan yang terbuat dari cor & terdapat lapisan pasir ban akan slip atau spin. Hal ini dikarenakan beban berdasarkan roda penggerak tersebut terlalu ringan sebagai akibatnya terjadilah hal yang demikian.

Baca juga : Ini alasan mobil diesel harganya lebih mahal

Penyebab tunggangan beroda empat berpenggerak depan susah menanjak

Kata yang tepat sebenarnya bukan tidak kuat menanjak, namun ban mobil yang mengalami slip atau spin inilah yang membuat roda roda kendaraan kehilangan traksi nya terhadap jalan yang diakibatkan berpindahnya beban muatan ke bagian roda belakang. Nah karena beban kendaraan beralih kebelakang, membuat berat bagian depan kendaraan lebih ringan bila dibandingkan bagian belakang yang selanjutnya membuat traksi roda depan yang juga sebagai roda penggerak menjadi berkurang.

Berbeda halnya menggunakan kendaraan berpenggerak belakang, waktu tunggangan beroda empat sedang menanjak maka beban kendaraan beroda empat akan otomatis berpindah kebelakang, hal itu akan menciptakan traksi atau cengkeraman roda belakang yg juga sebagai roda penggerak semakin mantap.

Selain karena faktor diatas, faktor jalanan pun pula ikut andil menjadi akibatnya kendaraan beroda empat nir bertenaga menanjak bahkan buat tanjakan ringan sekalipun misalnya contohnya jalanan tanjakan masih ada lapisan pasir atau kerikil, jalanan tanjakan berupa tanah yang basah & berlumpur, jalanan tanjakan yg baru diguyur hujan dan lain sebagainya.

Tips agar mobil penggerak depan sanggup menanjak

Agar mobil berpenggerak depan tidak terjadi slip saat menanjak, sebaiknya berikan beban yang lebih di bagian depan, anda bisa menyuruh orang yang memiliki bobot paling berat untuk duduk di bangku penumpang paling depan, syukur syukur jika si sopir juga memiliki tubuh yang subur. Hal ini bertujuan untuk menambah traksi roda depan untuk lebih kuat mencengkeram aspal jalanan sehingga dapat mengurangi efek slip atau bahkan menghilangkannya.

waktu anda akan menanjak, pastikan bahwa anda memacu kendaraan waktu dibawah menggunakan kecepatan yg cukup agar kendaraan tidak terjadi slip, tetapi buat syarat jalanan menanjak yang macet kita nir mampu melakukan hal ini. Pastikan jua menggunakan gigi perseneling paling rendah & menginjak pedal gas memakai secukupnya tetapi perhatikan rpm mesin kendaraan beroda empat, usahakan jangan memacu mesin melebihi rpm dalam angka 6000 sebab dapat berpotensi Mengganggu mesin mobil. Untuk memperoleh torsi maksimal & menghindari kerusakan mesin mobil anda bisa menjaga rpm mesin dalam angka 4000 sampai 5000 rpm.

Dan selanjutnya yg perlu anda lakukan adalah anda wajib yakin bahwa kendaraan beroda empat yg kalian gunakan bisa menanjak menggunakan baik, apabila masih ragu usahakan anda nir paksakan daripada nanti malah terjadi kecelakaan pada jalanan.

Baca juga : Berbagai cara ampuh atasi body mobil terasa limbung

Kekurangan mobil penggerak depan

Beberapa kekurangan lain yang ada pada mobil berpenggerak depan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kontruksi dari mesin mobil beserta sistem penggeraknya berada di bagian depan membuat susunan menjadi rumit menjadikannya membutuhkan waktu lebih lama ketika diperbaiki serta biaya perawatan yang lebih mahal. ( murah saat beli tapi mahal dalam hal perawatan ).
  • Seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa mobil berpenggerak depan sangat kurang bagus digunakan di jalanan menanjak karena rawan terjadi slip.
  • Untuk parkir model paralel lebih sulit dilakukan karena penggerak depan ini dibatasi dengan drive shaft.

Kelebihan kendaraan beroda empat penggerak roda depan

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh mobil berpenggerak depan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bobot kendaraan yang relatif ringan dibandingkan bobot kendaraan berpenggerak belakang.
  • Di jalanan yang datar mobil berpenggerak depan atau FWD ini mampu berakselerasi lebih cepat.
  • Karena tenaga yang disalurkan dari mesin langsung ke penggerak, maka membuat torsi atau tenaga mesin tidak hilang, dan inilah alasan kenapa mobil berpenggerak depan memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang mobil penggerak belakang. Selain itu tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat karena tidak ada tenaga yang terbuang.
  • Rata rata mobil berpenggerak depan menggunakan chassis monokok yangmana ongkos produksinya termasuk murah dan imbasnya harga mobil pun ikut murah ( meskipun tidak terlihat perbedaan harga nya )
  • Enak dan tidak ribet saat digunakan berkendara di jalanan perkotaan.
  • Memiliki tampilan yang lebih sporty karena mobil berpenggerak depan memiliki clereance lebih rendah, coba bandingkan antara yaris atau honda jazz dengan avanza lebih terkesan sporty mana :).
  • Minim getaran karena tenaga dari mesin langsung disalurkan ke roda penggerak tanpa harus melewati join join seperti batang propeller di mobil berpenggerak belakang.

Baca juga : Daftar merk kaca film mobil terbaik dan berkualitas

Bila dilihat dari segi kekurangan serta kelebihan yang ada pada mobil berpenggerak depan diatas, pemilihan dari mobil penggerak depan ini juga disesuaikan dari type mengemudi anda, jalanan seperti apa yang sering kalian lewati serta harapan yang kalian miliki terhadap mobil tersebut. Mobil berpenggerak depan sangat cocok bagi anda yang suka mengemudi di jalanan perkotaan alias non tanjakan, tidak suka ngebut dan menginginkan konsumsi bahan bakar yang hemat, serta penumpang yang dibawa setiap hari tidaklah terlalu banyak. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikelnya, salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar