Kelebihan Mobil Matic dibanding Manual

Keunggulan mobil matik - Memiliki sebuah kendaraan roda empat sendiri merupakan impian banyak orang, terlebih lagi bagi mereka yang menginginkan sebuah kenyamanan didalam perjalanan, entah itu perjalanan wisata, mudik, atau haya sekedar berangkat bekerja. Nah pada mobil sendiri kita mengenal setidaknya 2 jenis berdasarkan transmisinya, yang pertama adalah mobil bertransmisi manual, dan yang kedua adalah mobil dengan transmisi matic.

Advertisement

Setelah beberapa waktu lalu kita sudah membahas mengenai 7 keunggulan mobil transmisi manual dibandingkan dengan mobil bertransmisi matik, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan apa saja yang dimiliki oleh mobil bertransmisi matic dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Kelebihan mobil matic dibanding mobil manual

Pengoperasian yang sangat mudah

Dalam hal penggunaannya mobil bertransmisi matic tentu saja lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual, bahkan untuk orang awam akan langsung bisa mempelajari cara berkendara dengan menggunakan mobil bertransmisi matic, hal ini tidak lain adalah karena mudahnya pengoperasian kendaraan tersebut dibandingkan mobil manual yang harus lihai dalam memainkan kopling.

Tidak merepotkan

Karena pengoperasian kendaraan matic lebih mudah, tentu saja imbasnya adalah anda tidak merasa kerepotan harus memainkan pedal kopling layaknya mobil bertransmisi manual, cukup dengan memainkan pedal gas dan juga rem cukup, untuk perpindahan gigi sudah diatur secara otomatis oleh sistem kendaraan.

Tidak cepat lelah

Kelebihan selanjutnya dari mobil bertransmisi matic adalah anda tidak akan pernah merasa se lelah jika memakai mobil manual, terutama pada bagian kaki sebelah kiri yang harus menginjak pedal kopling yang lumayan berat pada mobil manual setiap hendak mengoper gigi transmisi dan berhenti. Hal ini akan sangat terasa sekali jika anda sedang berkendara di jalanan perkotaan yang sering mengalami kemacetan dimana kita harus melakukan stop and go berkali kali.

Hemat perawatan transmisi

Pada kendaraan manual seringkali kita melihat pemiliknya bolak balik mengganti komponen kampas kopling karena komponen tersebut sudah aus sehingga mobil tidak responsif alias tarikan kurang yahut. Untuk mobil bertransmisi matic ini jarang sekali melakukan perbaikan di bagian transmisi mobilnya, bahkan beberapa orang yang penulis temui mengaku hampir 9 tahun lamanya mobil matic yang dia pakai tidak pernah mengalami masalah pada bagian transmisinya.

Mobil bertransmisi matic ini sangat cocok digunakan oleh anda yang berada di daerah perkotaan dan tidak mau repot serta capek saat berkendara. Namun tidak cocok bagi anda yang suka dengan yang namanya kecepatan serta sering melakukan perjalanan jauh karena mobil bertransmisi matic ini juga memiliki beberapa kelemahan. Dan beberapa kelemahan dari mobil matic diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Kelemahan mobil transmisi matic

Harga mobil yang mahal

harga yang ditawarkan dari mobil matic ini biasanya lebih mahal dibandingkan mobil yang menggunakan transmisi manual, selisih harga yang ditawarkan juga sangat lumayan antara 8 hingga 20 juta an atau bahkan bisa lebih. Memang sebuah kenyamanan itu mahal harganya.

Biaya perawatan yang lumayan mahal

Sparepart atau komponen dari mobil brtransmisi matic, khususnya di bagian sistem transmisi tentu saja berbeda sekali dengan yang manual, rata rata komponen dari transmisi matic ini sangat mahal dibandingkan dengan mobil manual. Jadi jika terjadi kerusakan serius pada transmisi matic, bersiap siaplah anda untuk merogoh kocek yang mahal guna melakukan perbaikan.

Boros bahan bakar

Sama halnya sengan sepeda motor matic, mobil pun juga demikian dalam hal konsumsi bahan bakar. Mobil matic mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak atau boros jika dibandingkan dengan kendaraan bertransmisi manual. Jadi jangan pernah mengeluhkan borosnya bahan bakar mobil matic karena kendaraan bertransmisi matic umumnya memiliki beban yang jauh lebih berat.

Tidak bisa melakukan engine brake

Nah kekurangan selanjutnya dari mobil matic ini adalah tidak memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melakukan engine brake saat mobil melaju di jalanan menurun, tentu saja mau tidak mau untuk mengurangi kecepatan mobil ketika meluncur turun harus memanfaatkan rem mobil.

Kampas rem lebih cepat habis

Karena mobil matic ini tidak mampu melakukan engine brake layaknya mobil bertransmisi manual, maka ketika berada di jalanan yang menurun, kita lebih banyak mengandalkan pedal rem sehingga kampas mobil lebih cepat habis terutama kampas rem bagian roda depan kendaraan.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki oleh mobil bertransmisi matic, semoga bermanfaat dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar