Kesalahan Umum Dan Sering Terjadi Saat Beli Mobil Bekas

Kesalahan dalam beli mobil - tiap tahun harga mobil semakin mahal saja, belum lagi pajak yang dibebankan juga semakin meningkat sehingga banyak orang yang pada mulanya ingin membeli mobil menjadi merasa terbebani. Kondisi seperti ini tentu saja akan sangat terasa dampaknya oleh mereka yang kondisi finansialnya sedang kurang bagus, sehingga mereka lebih memilih untuk membeli mobil bekas dibandingkan membeli mobil baru di dealer.

Advertisement

Harga tunggangan beroda empat bekas tentunya lebih ramah di kantong karena kendaraan beroda empat merupakan barang non inventasi yang merupakan harga kendaraan beroda empat bekas tiap tahun mengalami penyusutan. Nah harga yg semakin menurun inilah yang menarik minat poly orang yang berkeinginan memiliki kendaraan beroda empat.

Kesalahan Paling Umum Saat Beli Mobil Bekas

Banyak orang yg juga berfikiran bahwa mobil bekas dibayangan mereka adalah sebuah mobil tua, berkualitas tidak baik layaknya tunggangan beroda empat rongsokan, padahal nir semua kendaraan beroda empat bekas mempunyai syarat misalnya ini. Bahkan di pasar kendaraan beroda empat bekas pun ada loh yang baru beberapa tahun dipakai telah dijual oleh oleh empunya dengan banyak sekali alasan yg terdapat. Yang dalam dalam dasarnya merupakan anda harus dituntut jeli waktu tetapkan buat membeli mobil bekas pakai.

Baca juga : Wow beli mobil bekas banjir, biaya perbaikan sampai 86 jt an

Terkadang karena kurangnya pengalaman waktu membeli kendaraan beroda empat bekas, poly orang yg kena jebakan batman menjadi akibatnya menyesal pada kemudian hari. Biasanya mereka mereka ini melakukan beberapa kesalahan yang biasanya terjadi dalam mereka yang belum mengetahui seluk beluk dan cara membeli tunggangan beroda empat bekas, agar anda nir apes misalnya ini alangkah baiknya anda mengetahui beberapa kesalahan generik yang tak jarang terjadi saat membeli mobil bekas

1. Lupa menanyakan sejarah kendaraan bekas yang akan dibeli

Banyak sekali hal hal yang wajib anda perhatikan ketika membeli sebuah mobil bekas pakai, dan salah satunya ialah dengan menanyakan tentang asal usul atau sejarah dari mobil yang kalian inginkan kepada si penjual. Dengan mengetahui asal usulnya, anda setidaknya akan terhindar dari kerugian besar dikemudian hari.

Pastikan tidak membeli mobil yang pernah terlibat insiden kecelakaan hebat, odometer yang dicurangi, atau yang lebih parah adalah mobil yang pernah terendam banjir. Selain ketiga hal diatas, tanyakan juga apakah mobil tersebut ialah mobil yang sering direntalkan ataukah tidak, mobil tersebut pernah disita ataukah tidak.

2. Kurang memahami mesin mobil

Kesalahan kedua saat memutuskan untuk membeli mobil bekas ialah kurangnya pengetahuan si calon pembeli terhadap mesin mobil. Kondisi mesin ialah prioritas utama sebuah kendaraan, karena jika mesin mobil kurang bagus, pasti hal ini akan membawa pengalaman buruk dikemudian hari. Tidak semua orang tahu tentang mesin, bahkan beberapa diantaranya hanya manggut manggut saja ketika diberikan penjelasan oleh si penjual. Untuk menghindari kesalahan ini, alangkah baiknya anda mengajak teman atau saudara yang bekerja sebagai teknisi untuk ikut mengecek kondisi mesin mobil bekas yang hendak dibeli. Dengan cara ini kalian tak perlu khawatir lagi memperoleh mobil bekas dengan kondisi mesin yang buruk.

Baca juga : Untung ruginya jual mobil bekas ke saudara

3. Lalai memeriksa history servis mobil

Apapun itu kendaraannya jika rutin dilakukan servis secara berkala, tentu performanya akan tetap prima, dan salah satu cara untuk mengetahui apakah mobil tersebut rutin servis berkala ataukah tidak adalah dengan cara melihat history servis kendaraan. Bisa dengan melihat buku catatan berkala yang ada di mobil, atau bisa menanyakan informasi mengenai hal ini di bengkel resmi, sebab biasanya mereka memiliki jaringan online yang mencatat seluruh aktivitas servis di bengkel resmi. Sangat disarankan membeli mobil yang rutin servis berkala dan melakukan penggantian komponen original

4. Buru buru saat tes drive

Setalah melakukan pengecekan disana - sini, kurang afdol rasanya jika kita tidak melakukan tes drive atau mengetes berkendara mobil yang akan kita beli. Sebab hanya sebuah catatan servis saja dirasa kurang meyakinkan. Dengan kita melakukan tes berkendara ini, kita bisa merasakan bagaimana performa mesinnya, bagaimana suara mesinnya apakah normal atau tidak, apakah terdengar bunyi dan getar saat mobil dijalankan dan lain sebagainya. Saat melakukan tes drive ini anda dituntut jeli dan teliti, memang sepertinya terdengar agak rewel, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan agar benar benar memperoleh mobil bekas dengan kondisi yang bagus.

5. Bandingkan dengan unit mobil lain

Sebelum benar benar memutuskan untuk membeli unit mobil tersebut, alangkah baiknya anda melakukan perbandingan terhadap mobil mobil yang lainnya. Mungkin saja ada mobil lain yang kondisinya jauh lebih baik diluar sana, intinya adalah jangan buru buru memutuskan untuk membeli mobil bekas agar nantinya tidak menyesal dikemudian hari karena terlanjut membeli unit yang ini, eh yang itu ternyata lebih bagus.

Baca juga : Tips merawat mobil Isuzu Panther tua

Dalam membeli mobil bekas memang dituntut untuk extra teliti, hati hati dan juga bersabar. Kurangnya kesabaran dan asal beli akan membuat anda menyesal dikemudian hari. Nah semoga artikel mengenai kesalahan umum ketika membeli mobil bekas diatas dapat brguna, jangan lupa dibantu share dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar