Masalah Pada Per Daun Dan Mengatasinya

Inspeksi per daun mobil - salah satu komponen yang dapat memberikan kita kenyamanan saat berkendara dengan menggunakan mobil ialah suspensi yang bagus. Jenis jenis suspensi pada mobil sendiri pun beraneka ragam, mulai dari jenis suspensi paling jadul yaitu per daun, hingga yang paling canggih saat ini yakni suspensi udara atau air suspension.Nah pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan suspensi per daun alias leaf spring ini.

Advertisement

Masalah Pada Per Daun Dan Mengatasinya

Suspensi leaf spring alias per daun ini merupakan jenis sistem suspensi yang paling jadul saat ini, namun masih permanen dipakai sampai waktu ini karena kemampuanya dalam membawa beban berat lebih baik dibandingkan menggunakan sistem suspensi lainnya.

Untuk kasus dalam suspensi per daun ini umumnya mencakup per terasa keras, per gampang patah maupun per terdapat bunyi bunyian ketika tunggangan dipakai mengendarai tunggangan dalam jalanan yang bergerojal. Bagi kalian yg mempunyai tunggangan beroda empat tertentu contohnya Isuzu Panther, Kijang Kapsul, Suzuki carry, Mitsubishi Kuda

1. Suspensi belakang terasa keras

Suspensi mobil yang terasa keras ini sebenarnya diakibatkan karena adanya kerusakan dibagian shock absorber, sehingga getaran dari roda belakang mobil tak lagi bisa diredam sehingga akan terasa ke bagian body mobil. Untuk menangani hal ini cukup lakukan penggantian shock absorber belakang mobil. Namun bila ternyata setelah diganti sudah bocor kembali, ada beberapa poin yang perlu kalian perhatikan.

Poin pertama adalah masalah mengemudi mobil serta jalaan yang dilaluinya, semakin sering mobil melewati jalanan yang bergelombang, berlubang lubang, tentunya akan membuat usia pakai shock absorber menjadi pendek. Sebisa mungkin jika melewati jalanan seperti ini, pelankan laju mobil anda sampai anda.

Poin kedua jika anda jarang melewati jalanan yang rusak dan bergelombang, bisa jadi kondisi per daun mobil anda sudah lurus atau tidak parabolik lagi. Per daun yang tidak parabolik ini membuat jarak main shockabsorber menjadi lebih pendek yang pada akhirnya akan menyebabkan shock absorber cepat mengalami kebocoran. Untuk itu coba lakukan pemeriksaan pada kondisi per nya, jika sudah lurus sebaiknya ganti dengan per daun yang baru.

2. Per daun patah

Sangat jarang sekali per daun mobil ini mengalami patah selain diakibatkan oleh faktor usia pakai. Kecuali anda sering mengangkut beban terlalu berat, ditambah lagi mobil sering melewati jalanan yang rusak. Untuk mengatasi hal ini mudah saja, muat barang atau penumpang sesuai dengan batas maksimal yang dianjurkan sehingga per menjadi awet dan tidak mudah patah.

3. Per daun bunyi berdecit saat lewat jalan jelek

Pada umumnya penyebab per daun mobil bunyi mencicit saat melewati jalanan yang kurang baik adalah dikarenakan adanya gesekan diantara lembaran per daun. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menyemprotkan / mengoleskan grease diantara ujung ujung lembaran per daun. Atau bisa juga menyelipkan semacam lembaran plastik keras diantara ujung ujung lembaran per daun sehingga kontak fisik antar lembaran per daun tadi tidak terjadi.

Nah diatas adalah beberapa masalah yang menyerang suspensi model per daun alias leaf spring, untuk informasi lain mengenai suspensi leaf spring silahkan anda baca daftarnya dibawah ini.

  • Inilah kelebihan dan kekurangan dari suspensi per daun
  • Perbedaan suspensi udara dan leaf spring
  • Begini trik agar truk bisa angkut beban lebih berat
  • Mengenal jenis jenis suspensi pada mobil

Posting Komentar

0 Komentar