Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil

Jenis Dongkrak Mobil - untuk mengangkat mobil bisa dilakukan dengan dua cara, cara pertama adalah dengan menggunakan sebuah lift khusus mobil yang lebih efisien namun hanya dapat dilakukan di bengkel mobil, dan yang kedua adalah dengan menggunakan sebuah dongkrak yang bisa dilakukan dimanapun, termasuk di jalanan ketika mobil anda mengalami kebocoran ban.

Advertisement

Pada umumnya dongkrak manual terdiri dari 3 jenis yang dua diantaranya paling sering disertakan kedalam peralatan standar darurat di jalan raya yakni dongkrak jenis botol, dongkrak jenis gunting dan yang terakhir dan jarang dibawa oleh mobil pribadi adalah dongkrak model buaya. Dari ketiga jenis dongkrak ini pun memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing.

1. Dongkrak Botol (Botle Jack)

Sesuai dengan namanya yakni botol, maka bentuk dari dongkrak ini mirip dengan sebuah botol yang diletakkan secara berdisi, dengan sistem hidrolis yang pengoperasiannya dengan memompa tuas khusus sehingga dapat digunakan untuk menaikkan body kendaraan saat dibutukan. Untuk menurunkan kembali sangat mudah dan cukup dengan memutar knop atau baut pembebas tekanan, maka dongkrak akan secara otomatis turun.

dongkrak buaya

Kelebihan yang dimiliki dari dongkrak jenis ini yakni bentuknya yang simpel dan praktis sehingga membuat banyak pemilik mobil memili dongkrak jenis ini untuk disimpan dan dibawa didalam mobil mereka kemanapun mereka pergi. Selain bentuknya yang praktis, kemampuan dongkrak ini dalam mengangkat beban cukup bisa diandalkan, bahkan kendaraan berat seperti bus atau truk pun dilengkapi dengan dongkrak jenis botol ini untuk peralatan standar darurat di jalan. Harga yang ditawarkan dari dongkrak model ini juga lumayan terjangkau oleh kantong.

2. Dongkrak Gunting Dongkrak gunting ini sering pula dinamai dengan dongkrak ketupat atau dongkrak model jembatan karena desain yang dimilikinya menyerupai guting ataupun ketupat. Dongkrak jenis ini termasuk dongkrak manual non hodrolis, untuk cara mengoperasikannya kita harus memutar ulir baut agar dongkrak mampu mengangkat beban body mobil.

dongkrak gunting

Kelebihan dari dongkrak ini adalah harganya yang paling murah diatara kedua jenis dongkrak lainnya, bentuknya yang sangat ringkas dan merupakan jenis dongkrak standar darurat mobil, jenis mobil yang menggunakan dongkrak model ini diantaranya adalah Toyota avanza, dan Daihatsu Xenia. Kekurangan dari dongkrak jenis ini adalah kemampuannya dalam mengangkat beban sangat terbatas dan rawan sekali rusak, selain itu pengoperasiannya juga memerlukan tenaga lebih ekstra untuk memutar baut penggeraknya.

3. Dongkrak Buaya ( floor jack ) Jenis dongkrak yang terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah dongkrak model buaya karena bentuknya yang mirip dengan buaya yang sedang membuka mulutnya saat dioperasikan menaikkan mobil. Menggunakan sistem hidrolis yang dibantu dengan lengan ayun yang lebih panjang sehingga kemampuan dongkrak ini dalam mengangkat mobil sangat bisa diandalkan dan ringan.

dongkrak buaya

Kelebihan dari dongkrak model buaya ini adalah kemampuannya serta keamanan nya yang terjamin saat digunakan untuk mendongkrak mobil, Kekurangan dari dongkrak buaya adalah harganya yang sangat mahal serta bentuknya yang bongsor membuat dongkrak ini tidak mudah dibawa didalam mobil pribadi, kecuali mobil truk dan pick up. Dongkrak ini sangat cocok dimiliki oleh anda yang membuka usaha bengkel mobil, atau pribadi yang suka mengotak atik mobil sendiri dirumah.

Posting Komentar

0 Komentar