Mengenal Jenis Rem Parkir Pada Mobil Lengkap

Jenis rem parkir mobil - keberadaan rem parkir tentu tidak akan terpisahkan dari yang namanya mobil, karena rem parkir ini memiliki fungsi yang sangat vital, yakni membantu mobil tetap di tempat dan kondisi semula baik itu ketika di parkirkan di lokasi yang datar maupun di lokasi yang miring.

Advertisement

Tanpa adanya rem parkir ini tentu kita harus bersusah payah mencari batu / paving untuk mengganjal roda mobil agar tidak berpindah alias meluncur ke tempat lain bukan ?. Nah rem parkir mobil pun banyak sekali jenisnya, dan dibawah ini telah kami rangkupkan berbagai jenis rem parkir secara lengkap untuk selanjutnya kalian pelajari.

Jenis Jenis Rem Parkir pada Mobil

1. Rem Parkir Model Tuas Tarik Untuk rem parkir model ini sangat banyak ditemukan pada kendaraan jadul seperti mobil Toyota Kijang Kotak, Isuzu Panther model lawas / model pick up dan lain sebagainya. Untuk mobil keluaran terbaru pun saat ini masih ada lo yang menggunakannya yakni mobil Nissan Datsun Go.

rem parkir tarik
Rem parkir tuas tarik datsun go panca, image by : autobild

Rem parkir model tarik ini memanfaatkan sistem rem tromol / drum brake sehingga anda sebagai pemilik mobil harus telaten melakukan perawatan di bagian drum brake, terutama dalam membersihkan debu kampas rem serta pelumasan komponen bergerak didalamnya. Termasuk juga penyetelan di bagian pengunci rem karena bisa longgar kabel selingnya seiring pemakaian.

Untuk pengoperasian rem parkir ini sangat mudah sekali walau membutuhkan tenaga yang lumayan, cukup anda tarik tuas rem parkir ini secukupnya, dan untuk membebaskan rem parkir model tarik ini biasanya kita harus menarik tuas rem sedikit keatas, lalu memutarnya ke kiri dan melepaskannya.

2. Rem Parkir Model Tuas Dongkrak Rem parkir model tuas atau orang paling sering menyebutnya dengan sebutan hand rem / rem tangan ini adalah salah satu jenis rem parkir yang paling banyak diaplikasikan pada kendaraan model baru. Contoh mobil yang menggunakan rem parkir jenis ini banyak sekali, mulai dari Toyota Avanza, Isuzu Panther model terbaru, Daihatsu Terios dan lain sebagainya.

rem parkir model tuas dongkrak

Posisi dari tuas rem tangan ini berada di sebelah kiri pegemudi, tempatnya biasanya berada di belakang kanan tuas perseneling mobil. Untuk mengoperasikannya cukup anda tarik keatas rem parkir tersebut secukupnya, untuk membebaskan rem parkir model ini caranya adalah, tarik sedikit tuas rem keatas, kemudian tekan tombol diujung tuas sembari ditahan, barulah anda bisa menurunkan tuas rem parkir.

Rem parkir model tuas ini masih menggunakan sistem rem tromol dalam pengoperasiannya, atau sistem rem ganda yang mana untuk pengereman utama menggunakan rem cakram, namun didalamnya terdapat teromol yang di khususkan untuk rem parkir seperti mobil Toyota Fortuner, Isuzu MU-X dan lain sebagainya.

Perawatan dari rem parkir model tuas ini sama hal nya dengan merawat rem parkir model tarik, anda perlu melakukan perawatan berkala di bagian drum brake guna membersihkan sisa sisa debu kampas rem, serta melumasi komponen bergerak yang ada didalamnya dengan menggunakan vet / grease.

Untuk penyetelan rem parkir ini sebaiknya dilakukan secara seimbang, yakni dengan cara menyetel baut pengatur kelonggaran yang berada di bagian tromol, maupun melalui baut penyetel yang biasanya terletak di bagian bawah tuas rem parkir.

Baca juga : Fungsi lain dari hand brake yang wajib anda tahu

3. Rem Parkir Model Pedal

Untuk model rem parkir pedal ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan rem parkir yang menggunakan tuas, hanya saja posisi rem parkirnya berupa pedal yang biasanya terletak di samping kiri pedal kopling untuk mobil manual, atau di samping kiri pedal rem untuk mobil matik.

rep parkir pedal

Untuk mengaktirkan rem parkir model pedal ini anda cukup menginjak pedal rem parkir secukupnya saja, dan untuk membebaskannya anda perlu menginjak kembali pedal rem parkir tersebut sedikit lebih dalam sampai nanti pedal rem terangkat ke posisi semula. Rem parkir model pedal ini banyak ditemukan di mobil mobil kelas premium seperti Toyota Camry, Lexus, Beberapa model dari mobil Marcedes Benz serta Holden Torana lawas pun memakainya.

4. Rem Parkir Elektrik Rem parkir elektrik ini juga dulunya merupakan jenis rem parkir yang banyak diaplikasikan pada kendaraan premium seperti yang ada pada mobil Lexus maupun pada BMW seri 7 E65 yang dirilis pada tahun 2001 lalu. Namun seiring berkembangnya teknologi keberadaan rem model elektrik ini sudah diaplikasikan pada kendaraan ber level menengah keatas.

rem parkir elektrik

Beberapa tahun yang lalu, rem parkir elektrik merupakan fitur yang hanya terdapat pada kelas premium. Mulai dari munculnya pertama kali pada BMW Seri 7 E65 pada 2001, fitur ini dianggap semakin memudahkan kerja pengemudi.Seiring berkembangnya teknologi, fitur ini mulai hadir pada mobil-mobil level menengah seperti yang ada pada mobil Chevrolet Captiva facelift.

Untuk mengoperasikan rem parkir model ini tentu saja sangat mudah sekali, cukup dengaan memainkan tombol rem perkir dengan cara menekan untuk meng aktifkan, dan mengangkat keatas untuk menonaktifkan. Karena sudah elektrik maka kabel seling tidak digunakan lagi dan di ganti dengan motor elektrik dan sensor sensor canggihnya. Beberapa jenis mobil memiliki aturan aktivasi yang berbeda beda, misalnya saja anda harus menginjak pedal rem terlebih dahulu baru kemudian rem parkir elektrik bisa aktif.

5. Rem Parkir Tipe Tuas Geser

Rem parkir type tuas geser ini pada umumnya banyak di aplikasikan pada kendaraan berat, namun ada beberapa mobil biasa seperti Honda CR-V generasi ketiga serta ke empat yang menggunakan model rem parkir model tuas geser. Cara aktivasi rem parkir model ini cukup dengan menggeser tuas rem, dan untuk menonaktifkannya juga sama yakni dengan menggeser tuas rem geser tadi ke arah yang berlawanan.

Baca juga : Penyebab pedal rem terasa keras

Fitur Auto Brake Hold

Biasanya pada jenis rem parkir model elektrik terdapat fitur tambahan yakni fitur "auto brake hold" yang memungkinkan kendaraan yang ber fitur ini bisa mengaktirkan rem dalam beberapa detik setelah pedal rem diinjak saat posisi berhenti. Hal ini bertujuan untuk membantu pengemudi mobil agar tak selalu menginjak pedal rem, misalnya saat menghadapi kemacetan di jalan raya. Jadi ketika fitur brake hold ini aktif, saat mobil dalam posisi berhenti dan di injak rem nya, kemudian kita melepas injakan rem tadi, maka mobil tetap dalam kondisi berhenti walaupun tuas transmisi ada di posisi "D".

tombol brake hold
Tombol auto brake hold, image by : emaze,com

Saat Brake Hold diaktifkan maka komputer mobil akan mengirimkan sinyal ke modul ABS yang berada di ke empat roda mobil, sehingga secara otomatis ke empat rem yang ada di masing masing roda akan terus aktif sampai kita menginjak pedal gas untuk menonaktifkan Brake Hold nya.

Beberapa mobil yang memiliki fitur ini antara lain ialah Honda HR-V serta mobil VW Tiguan TSI.

Untuk lokasi tombol brake hold mobil Honda HR-V terletak di dekat tombol rem parkir elektrik, meskipun begitu kedua tombol ini memiliki fungsi dan mekanis yang berbeda.

Baca juga : Mengenal jenis kampas rem mobil, awas jangan salah beli !

Nah itulah tadi beberapa jenis rem parkir yang ada pada kendaraan roda empat, semoga bermanfaat dan silahkan di bantu share.

Posting Komentar

0 Komentar