Nama Komponen Sistem AC Mobil Dan Fungsinya

Komponen AC mobil - didalam sebuah sistem pendinginan AC mobil tentunya terdapat beberapa perangkat utama yang satu sama lain saling berhubungan sehingga mampu menciptakan suhu ruang kabin yang sangat nyaman sekali saat AC mobil dinyalakan, terutama bila anda berkendara di bawah terik matahari yang menyengat, dengan keberadaan AC ini membuat berkendara tetap nyaman.

Advertisement

komponen utama sistem AC mobil

Setidaknya terdapat 8 komponen krusial yang terdapat pada sistem AC kendaraan beroda empat dimana ke delapan komponen tadi mempunyai harga yg nir mengecewakan mahal & sangat rentan sekali terhadap kerusakan akibat faktor pemakaian dibandingkan dengan komponen lainnya.

Baca juga : Tips cara benar merawat AC mobil

Nah dibawah ini telah kami rangkumkan kedelapan komponen penting yg nantinya anda mampu memberikan perhatian lebih terhadap komponen penting pada sistem AC kendaraan beroda empat dibawah ini sehingga performa AC kendaraan beroda empat senantiasa terjaga.

1. Kompressor AC

Kompressor AC ini memiliki fungsi untuk memompa gas freon dari dalam evaporator yang bersuhu dingin, dimana selanjutkan akan dikompresikan menuju kedalam kondensor AC, selanjutnya dari kondensor akan dikabutkan dan menghasilkan gas yang bersuhu dingin untuk dimasukkan kedalam evaporator kembali. Kompressor AC ini memerlukan oli khusus sebagai pelumasan agar komponen didalamnya tidak mengalami aus dan bunyi berisik.

dua. Kondensor AC

Kondensor pada sistem pendinginan AC dipergunakan untuk mendinginkan gas freon yang terkompresi dari dalam kompressor sampai berubah menjadi bentuk cair, didalam kondensor cairan freon yang panas inilah yang nantinya akan didinginkan, baru kemudian didistribusikan kedalam filter AC. Kondensor tidak dapat mendinginkan freon cair hasil kompresi dari dalam kompressor, sehingga membutuhkan bantuan kipas pendingin atau cooling fan guna mempercepat pendinginan cairan freon. Jika sampai kipas pendinginan rusak atau mati, maka kondensor AC bisa mengalami overheat dan meledak / jebol.

tiga. Filter Dryer

Sesuai dengan namanya yakni filter, maka fungsi dari komponen yang satu ini adalah menyaring segala jenis kotoran yang mungkin ikut mengalir dan terbawa oleh freon cair yang hendak dikabutkan melalui katup exansi. Karena berfungsi sebagai penyaring kotoran, maka komponen ini rawan kotor dan terjadi penyumbatan sehingga sangat dianjurkan dilakukan pengantian secara berkala.

4. Filter Kabin Filter kabin adalah sebuah filter yg terpasang

5. Filter Blower

Dibagian blower yang berfungsi untuk menghisap udara bebas dari dalam kabin menuju evaporator, juga terdapat sebuah filter tambahan yang dinamakan dengan filter blower. Filter ini berfungsi untuk menjaga agar tidak ada debu maupun kotoran yang masuk kedalam evaporator yang lolos melalui motor blower.

6. Expansi Valve/ Katup Ekspansi

Katup ekspansi atau expansion valve yang terdapat pada sistem AC mobil berguna untuk menurunkan suhu serta tekanan dari freon ketika freon sedang bersirkulasi di bagian turbin dan juga sistem pendinginan. Dengan kata lain fungsi dari katup ekspansi adalah membantu penguapan freon cair menjadi bentuk gas sehingga seketika itu suhu gas menjadi rendah dan dingin.

7. Evaporator AC

Fungsi dari evaporator Ac ialah sebagai tempat penguapan freon yang berubah dari bentuk cair ke bentuk gas sehingga suhu disekitarnya menjadi dingin, nantinya suhu yang dingin inilah yang akan ditiup oleh blower ke seluruh bagian kabin mobil sehingga suhu ruang mobil menjadi dingin.

8. Blower

Blower yang ada pada sistem pendinginan AC mobil ini berguna untuk menjaga dan memastikan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator tersirkulasi ke seluruh ruangan kabin mobil. Blower ini digerakkan oleh motor blower yang dapat mengalami kerusakan entah itu karena faktor usia maupun konsleting pada sistem kelistrikannya. Terkadang kisi kisi blower yang pecah, saat blower terputar bisa menimbulkan bunyi dengung yang mengganggu.

Baca juga : Ketahui penyebab suara berisik saat AC dinyalakan

Nah itulah ke delapan komponen penting didalam sistem AC mobil yang sebaiknya anda ketahui, dengan mengetahui beberapa hal diatas, diharapkan anda dapat memberikan perhatian yang lebih dalam hal perawatannya. Selain mahal harganya, terkadang membutuhan waktu yang sedikit lebih lama jika kita membelinya, sebab beberapa komponen diatas bukanlah barang fast moving atau barang yang sering mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar