Nih 4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Ban Motor Kamu Cepat Botak

Penyebab ban motor cepat botak - dua buah sepeda motor yang sama merk dan type nya, dimana keduanya juga sama sama memakai ban dengan merk serta model yang sama tak lantas keduanya mengalami kebotakan yang sama. Sebab cepat lambatnya ban mengalami kebotakan tergantung bagaimana cara kita merawat dan menggunakan ban tersebut secara benar.

Advertisement

Nah kebiasaan seperti apa sih yang dapat mempengaruhi ban sepeda motor cepat mengalami kebotakan ? Nih setidaknya ada 4 kebiasaan buruk yang bisa mempercepat kebotakan ban yang sebaiknya kamu hindari.

Nih 4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Ban Motor Kamu Cepat Botak
Ilustrasi ban motor yang aus, image by : motorcyclelegalfoundation

1. Tekanan angin ban sering kurang

Penyebab kenapa ban motor bisa cepat mengalami kebotakan yang pertama adalah karena kurangnya tekanan angin pada ban itu sendiri. Ban yang tekanan anginnya kurang menyebabkan bidang permukaan ban yang bergesekan dengan aspal jalanan menjadi semakin besar. Selain bidang gesek yang bertambah besar, dengan menggunakan tekanan udara yang kurang ini bisa menyebabkan temperatur didalam ban menjadi semakin tinggi sehingga ban cepat mengalami keausan.

Maka dari itu usahakan kalian menggunakan tekanan ban yang direkomendasikan, biasanya ban depan pada umumnya menggunakan tekanan antara 29 psi hingga 33 psi, sedangkan untuk ban belakang bisa antara 33 psi hingga 36 psi tergantung seberapa berat muatan baik orang maupun barang yang kita bawa.

Baca juga : Tips sederhana merawat ban agar awet

2. Sering angkut beban berat

Tiap ban tentu saja memiliki kemampuan mengangkut beban yang bisa kita ketahui dari kode load index ban. Ban yang mengangkut beban terlalu berlebihan dari max load dapat menyebabkan tekanan ban terhadap aspal jalan semakin besar sehingga gaya gesek yang terjadi juga besar, terlebih lagi jika tekanan angin ban juga kurang, ban pun akan semakin cepat mengalami kebotakan.

Oleh karena itu sebaiknya jangan mengangkut beban terlalu berat di motor, jika motor memang dibutuhkan untuk mengangkat beban berat, usahakan menggunakan ban dengan load index yang sepadan. Dan pastikan juga kalian menggunakan tekanan ban yang sesuai.

3. Cara berkendara yang ugal ugalan

Penyebab ban motor cepat mengalami kebotakan selanjutnya ialah dikarenakan cara berkendara yang ugal ugalan, seperti misalnya suka ngebut dan melakukan pengereman secara mendadak, sehingga membuat ban motor kita seakan akan di parut diatas permukaan aspal sehingga cepat botak.

Sebisa mungkin berkendara lah secara aman, jangan suka kebut kebutan dijalan raya dengan alasan apapun. Perhatikan pula jenis ban yang digunakan, bila kalian termasuk orang bandel dan suka berkendara kebut kebutan, disarankan menggunakan ban yang dirancang khusus untuk balapan.

4. Kurang merawat dan membersihkan ban

Terkadang tidak semua jalanan yang kita lalui bersih dan kering, terkadang ada beberapa zat kimia seperti contohnya adalah solar dari mobil diesel yang tumpah dijalanan dan mengenai ban motor kita. Jika bahan bahan kimia dijalanan menempel pada ban dan tidak dibersihkan, bisa membuat ban motor menjadi mengeras dan getas atau bahkan bisa membuatnya rapuh dan cepat mengalami kebotakan.

Memang beberapa hal diatas terlihat sangat sepele namun efek jangka panjangnya akan sangat terasa terhadap ban motor kesayangan. Sebisa mungkin sebaiknya hindari kebiasaan buruk diatas agar ban motor awet dan berumur panjang. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Pengertian ban dual compound dan pengaplikasiannya

Posting Komentar

0 Komentar