Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Cat Oven

Pengertian cat panggang mobil - sitilah cat oven memang sering kali terdengar ditelinga kita, dan istilah cat oven ini sering digunakan oleh bengkel bengkel body repair maupun bengkel khusus pengecatan saat mereka menawarkan jasa pengecatan kepada konsumennya. Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cat oven ini ?

Advertisement

paint booth
Image by : https://gfsboothblog.com/2015/07/23/problem-solved-bigger-better-paint-booth-for-auto-body-shop/

Pengertian cat panggang

Sebenarnya cat oven ini bukanlah sebuah nama atau merk cat, cat oven ialah sebutan teknik pengecatan mobil yang menggunakan fasilitas ruangan tertutup khusus layaknya sebuah oven yang digunakan untuk mengerjakan pengecatan mobil.

Fungsi paint booth

Fungsi dari ruangan oven atau dalam bahasa tekniknya disebut dengan paint booth ini memiliki fungsi yang sangat krusial, keberadaan ruangan paint booth ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan proses pengecatan yang bebas dari debu dan juga kotoran, sehingga selain menghasilkan cat yang berkualitas bagus juga sangat menghemat waktu pengerjaan, sebab dengan menggunakan paint booth ini kita tidak lagi tergantung cuaca dalam hal pengeringan cat.

Secara garis besar , sistem pengecatan dengan cara ini merupakan aliran udara yang lancar & juga kebersihan udara,sebagai akibatnya jika peredaran udara lancar, uap yg berdasarkan dari sisa proses pengecatan yang nir melekat mampu tertentu terbuang. Selain itu bila airflow nya lancar, maka kinerja menurut si tukang cat akan lebih maksimal .

apa itu cat oven

Selain sirkulasi yg lancar, keberadaan udara yg higienis pula sebagai faktor krusial pada proses pengecatan dengan cat panggang. Tentu percuma bukan apabila airflow yg terhisap merupakan udara yang berkualitas kotor, mengandung debu misalnya, hal ini hanya akan merusak saja lantaran debu yang ikut terhisap malah akan mengotori bagian atas body kendaraan beroda empat yang sedang pada cat menjadi akibatnya output pengecatan malah semakin jelek.

Maka dari itulah paint booth yang baik digunakan buat proses cat panggang adalah yang bisa menaruh atau menyediakan sebuah aliran udara yang bersih dan bebas debu pula kotoran lain, terlebih lagi apabila sanggup menaruh sebuah pemanasan memakai suhu eksklusif yg bermanfaat buat mempercepat proses pengeringan cat.

Baca juga : Tips cermat memilih warna cat mobil agar terhindar dari kecelakaan

Asal muasal istilah cat panggang

Istilah dari pengecatan secara oven ( cat oven ) ini bermula pada sebuah ruang pengecatan atau paint booth profesional dimana pada ruangan tersebut terdapat beberapa elemen pemanas, entah itu dengan menggunakan lampu infra merah maupun memanfaatkan heater yang mampu memberikan suhu ruang mencapai 60 derajat Celcius sehingga mirip dengan mobil yang sedang di cat dan dioven. Karena harga dari sebuah paint booth kelas professional sangatlah mahal, membuat tidak banyak bengkel pengecatan yang menggunakan metode pengecatan seperti ini dan lebih mengandalkan pengecatan biasa yang dilakukan di tempat terbuka dan untuk proses pengeringannya pun memanfaatkan terik panas matahari.

Untuk beberapa bengkel pengecatan yang tertarik untuk menerapkan metode ini, biasanya membangun sebuah paint booth custom dengan prinsip kerja yang sama dimana ruangan custom ini mampu memberikan airflow yang bersih, namun untuk elemen pemanas seperti lampu infra merah maupun heater mereka ganti dengan menggunakan lampu sorot yang memiliki daya 300 Watt yang biasanya berjumlah  6 hingga 8 buah per paint booth booth. Lampu sorot tersebut juga lumayan efektif mengingat dengan jumlah lampu yang demikian per paint booth mampu menghasilkan panas sebesar 40 derajat celsius.

Paint booth custom / home made

Kelebihan cat panggang

Pengecatan dengan menggunakan teknologi paint booth ini tentu saja memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknik pengecatan biasa. Salah satu kelebihan mengecat dengan menggunakan cat oven adalah hasil pengecatan yang bersih halus serta memiliki efek kilau. Selain itu karena didalam ruang paint booth terdapat elemen pemanas, maka pengeringan tidak lagi tergantung oleh cuaca, cukup dikeringkan didalam ruang oven saja menggunakan elemen pemanas tadi, jauh berbeda dengan pengecatan yang sangat tergantung dengan terik matahari guna proses pengeringan cat.

Kekurangan cat panggang

Kekurangan dari pengecatan secara oven ini adalah harga nya yang sangat mahal, jika dibandingkan dengan pengecatan model biasa seharga 4 hingga 6 jutaan, untuk pengecatan secara oven ini bisa diatas 8 juta bahkan sampai puluhan juta rupiah tergantung ukuran mobil serta merk dan kualitas cat yang seperti apa yang diminta oleh konsumen. Selain itu keberadaan bengkel cat oven ini tidak banyak karena mahalnya investasi yang harus dikeluarkan untuk membeli paint booth profesional, kalau yang model custom nya saja sepertinya sudah mulah banyak bermunculan.

Baca juga : Ketahui penyebab cat mobil / motor cepat rusak

Nah itulah tadi penjelasan tentang apa itu cat panggang, semoga informasi ini sanggup bermanfaat dan terima kasih juga sudah berkunjung. Bila berkenan silahkan di bantu share artikel ini, terimakasih

Posting Komentar

0 Komentar