Penting Knalpot Bocor Bikin Performa Mesin Turun

Bahaya knalpot mobil bocor - menurunnya performa mesin mobil yang menjadi kurang bertenaga tidak melulu dikarenakan adanya masalah di bagian mesinnya, beberapa hal yang sangat sepele seperti adanya kebocoran pada sistem saluran gas buang alias knalpot pun bisa mempengaruhi performa kendaraan loh.

Advertisement

knalpot mobil bocor
Knalpot bocor akibat getaran berlebih pada mesin

Secara teknis knalpot yang mengalami kebocoran bisa membangun berkurangnya pemanfaatan suhu panas yang didapatkan oleh mesin, lantaran hampir 25 % suhu panas yang berasal berdasarkan mesin ini dimanfaatkan kembali menjadi tenaga, yang tentunya melalui sejumlah proses yang rumit. Dengan adanya kebocoran pada sistem saluran gas buang, suhu panas & kecepatan udara yang tentang sensor oksigen menjadi tidak sesuai. Ketidak sesuaian berita yang diperoleh sang ACU tunggangan melalui sensor sensor pembacanya inilah yang menyebabkan tenaga mesin menjadi berkurang.

Selain menyebabkan tenaga mesin berkurang, kebocoran knalpot ini jua mampu mengakibatkan polusi suara, yakni timbulnya suara yang sangat berisik sekali waktu kendaraan dalam gas.

Kebocoran knalpot

Kebocoran pada saluran gas buang ini dipengaruhi oleh banyak faktor yang diantaranya adalah karena faktor usia kendaraan, faktor lingkungan yang terlalu asam dan tinggi kadar garamnya, serta karena faktor perawatan yang kurang bagus, misalnya saja mesin mobil yang pincang dan tidak diperbaiki, akan membuat getaran mesin merembet sampai ke bagian bushing penyangga knalpot dan membuat bagian tersebut jebol.

Bila knalpot kendaraan telah mengalami kebocoran maka alangkah baiknya dilakukan perbaikan misalnya melakukan penambalan & pengelasan jika masih sanggup diperbaiki, atau dilakukan penggantian komponen yg baru bila memang kerusakan tadi tidak bisa diakali lagi.

Baca juga : Benarkah ganti sistem knalpot mobil bisa menambah tenaga mesin ?

Nah itulah tersebut beberapa penyebab kenapa knalpot yg bocor membuat tenaga mesin menjadi menurun, semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Posting Komentar

0 Komentar