Pentingnya Ganti Oli Kompressor AC Mobil Secara Berkala

Ganti oli kompressor AC - sama halnya seperti mesin mobil yang membutuhkan sebuah oli pelumasan agar menjaga kondisi mesin tidak rusak / aus dan meninggalkan bunyi, begitu pun dengan kompressor AC mobil yang juga memerlukan penggantian oli kompressor AC secara berkala agar nantinya Kompressor tersebut tidak mudah rusak dan timbul bunyi berisik saat AC dinyalakan.

Advertisement

kompressor ac mobil

Dari sekian banyak pemilik mobil hampir kebanyakan mereka tidak tahu bagaimana cara merawat kompressor AC mobil yang benar, bahkan mereka tidak tahu bahwa kompressor AC tersebut juga terdapat oli pelumasan yang wajib di ganti secara berkala. Selain itu sosialisasi mengenai hal ini juga rupanya masih kurang sehingga terabaikan.

Baca juga : Nama komponen di sistem AC mobil dan fungsinya

Kapan sebaiknya oli kompressor AC mobil diganti ?

Idealnya oli kompressor AC mobil diganti setiap mobil menempuh jarak tempuh per 20.000 km atau setidaknya sekali dalam satu tahun, bagi anda yang tidak ingin repot repot mengganti oli kompressor AC mobil sendiri dirumah, cukup datangi saja ahli servis AC mobil yang ada di dekat tempat tinggal untuk dilakukan penggantian oli kompressor.

Proses penggantian oli kompressor AC

Untuk bengkel yang masih sederhana proses penggantiannya mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, namun untuk bengkel spesialis AC mobil biasanya mereka memiliki alat flushing yang bisa melakukan penggantian freon maupun oli kompressor dengan sangat cepat tanpa harus mencopoti baut kompressor AC nya.

ganti oli kompressor AC
Penggantian oli kompressor manual, image by : 2carpros,com

Beberapa alat khusus tersebut selain mampu melakukan penggantian freon dan juga oli kompressor AC, juga dapat melakukan pendeteksian apakah ada kebocoran didalam sistem AC mobil maupun melihat seberapa tinggi kemurnian dari gas freon yang digunakan.

ganti oli kompressor AC
Ganti oli kompressor AC menggunakan alat khusus, image by : autobild,co,id

Jika oli kompressor tidak diganti secara berkala

Mengganti oli kompressor AC mobil merupakan salah satu cara merawat agar kompressor tersebut tidak cepat rusak, karena memang harga satu unit kompressor AC mobil terbilang mahal sehingga lebih baik kita melakukan perawatan berkala dengan biaya yang minim dibandingkan harus mengganti satu set kompressor AC yang berharga mahal.

ganti oli kompressor AC
Oli kompressor AC, image by : electrical-forensics,com

Sama dengan mesin, kompressor AC mobil juga memiliki piston yang digunakan untuk mengkompresi gas freon dan kemudian diubah menjadi freon cair, nah jika oli tidak diganti bisa menyebabkan gram dari hasil gesekan antara piston dengan liner nya mengotori oli, selanjutnya piston akan aus dan timbul bunyi berisik di bagian kompressor AC mobil saat AC dinyalakan.

Baca juga : Begini ciri ciri kompressor AC mobil mulai bermasalah

Maka dari itu agar kompressor AC mobil tidak mudah rusak dan tidak mengganggu perjalanan, sebaiknya selalu perhatikan perawatannya, pastikan anda melakukan penggantian oli kompressor secara berkala, dan jangan lupa untuk mematikan AC mobil saat kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan artikelnya.

Posting Komentar

0 Komentar