Penyebab Aki Mobil Jadul Lebih Awet

Keawetan aki mobil - keberadaan komponen aki mobil tentu saja sangat penting sekali saat ini, terutama untuk digunakan mempermudah kita dalam menyalakan mesin mobil, tinggal di starter mesin mobil pun bisa langsung menyala. Kerusakan pada aki mobil tentu akan sangat merepotkan, sebab aki mobil yang sowak tidak mampu dipergunakan menyalakan mesin mobil melalui starter kunci kontak.

Advertisement

aki mobil yang awet

Bagi pemilik mobil jadul sekaligus mobil keluaran terbaru mungkin merasakan adanya perbedaan yang signifikan mengenai masa pakai aki mobil, mereka terkadang merasa heran kenapa usia aki mobil jadul lebih  awet dibandingkan dengan usia pakai aki mobil keluaran terbaru. Bahkan selisih usia pakai aki bisa mencapai 1 tahun.

Baca juga : Penyebab air aki sering kurang dan mengatasinya

Lalu apa sih yang membuat aki di mobil lama menjadi lebih awet dibandingkan jika dipasang di mobil baru walaupun merk dan kapasitas aki nya sama ?.

Sebenarnya alasannya sangat sangat sederhana sekali, pada kendaraan jadul tidak banyak perangkat yang membutuhkan aki sebagai sumber tenaganya. Kebanyakan yang ada pada mobil jadul mungkin hanya starter, radio tape dan AC mobil saja. Sedangkan pada kendaraan keluaran terbaru ini memiliki segudang perangkat elektronik yang membutuhkan energi dari aki sehingga pemakaian energi lebih banyak dan menguras.

Belum lagi pada mobil keluaran terbaru kondisi ruang mesinnya sangat rapat antar satu komponen dengan komponen lainnya, sehingga suhu didalam ruang mesin sangat panas sekali. Hal ini pun akan berimbas pada tingkat keawetan aki mobil, sebab baterai apapun jika bekerja di suhu ruang yang panas dapat cepat mengalami penurunan kinerjanya. Beda halnya dengan kondisi ruang mesin mobil jadul yang rata rata sangat longgar, sehingga baterai aki mobil tidak cepat panas.

Jadi sangat tidak benar anggapan bahwa aki sekarang cepat rusak karena kualitas bahannya yang buruk, melainkan kebutuhan energi dari aki untuk mobil keluaran terbaru jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan mobil jadul. Mungkin yang diperlukan saat ini adalah kapasitas penyimpanan aki mobil sebaiknya di perbesar agar masa pakainya juga jauh lebih awet.

Jika di ibaratkan layaknya sebuah ponsel, seperti baterai HP Nokia 3315 yang kuat dan tahan lama berhari hari dibandingkan dengan baterai ponsel samsung android yang mungkin 4 jam saja sudah lobet.

Baca juga : Penasaran berapa usia aki rata rata ? silahkan baca disini

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa aki mobil jadul ternyata lebih awet dibandingkan aki mobil baru. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.

Posting Komentar

0 Komentar