Penyebab Body Motor Getar Dan Memperbaikinya

Sebab body motor bergetar - sepeda motor akan sangat tidak menarik jika tak dilengkapi dengan yang namanya body, selain befungsi untuk penarik perhatian siapapun yang memandang, body motor juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya yakni untuk melindungi bagian mesin, rangka motor dan elektrikal dari kerusakan.

Advertisement

yamaha YZF R6
Image by : thai,webike,net

Masalah yg paling tidak jarang ada pada bagian body motor ini adalah timbulnya getaran mulai berdasarkan getaran yang pelan sampai yang menyebabkan bunyi bunyian hingga mengganggu indera pendengaran. Lalu apa sih yg menyebabkan body motor ini mampu bergetar contohnya ini ?

Banyak sekali penyebab kenapa body motor bisa ada getaran, penyebab pertamanya adalah lantaran adanya perubahan / pergeseran posisi dari body motor itu sendiri. Perubahan / pergeseran ini umumnya diakibatkan lantaran adanya baut baut pengikat yang sudah kendor lantaran motor seringkali digunakan melibas jalanan yang kurang baik. Untuk mengatasi hal ini relatif lakukan pengencangan bagian baut / sekrup pengikat body secukupnya, jangan terlalu keras lantaran body motor malah bisa pecah.

Penyebab body motor timbul getaran yg ke 2 adalah dikarenakan adanya bagian bagian klip atau sambungan antar body yang telah patah menjadi akibatnya antar bagian body yg satu menggunakan yg lainnya tidak lagi saling mengikat sebagaimana mestinya. Termasuk pula adanya bagian klip yg telah aus lantaran bergesekan. Untuk mengatasi hal ini bisa diakali menggunakan mngganjalnya memakai double tape atau mengelemnya denga memakai lem lunak contohnya castol ataupun lem silicon.

Penyebab body motor terdapat getaran yang selanjutnya merupakan karena terdapat bagian body motor yg pecah, entah itu lantaran tertumbuk sesuatu, bekas jatuh ataupun lantaran memang faktor usia sebagai akibatnya bagian yg pecah ini akan saling bersinggungan satu sama lain ketika dipakai mengendarai kendaraan sebagai akibatnya timbul getaran

Untuk bagian yang rusak dan tidak bisa diperbaiki atau diakali, alangkah baiknya di ganti saja dengan yang baru yang tentunya lebih praktis.

Posting Komentar

0 Komentar