Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras

Rem cakram motor keras - timbulnya masalah pada sistem pengereman sepeda motor tentu akan jadi masalah yang mengkhawatirkan, sebab sangat beresiko terlibat kecelakaan di jalan raya karena hal ini. Khususnya pada jenis rem cakram, banyak sekali masalah yang hinggap mulai dari rem yang ngeblong alias tidak pakem, timbul bunyi berisik saat di rem hingga rem cakram yang keras kerap kali menimpa para pengguna sepeda motor.

Advertisement

Penyebab Rem Cakram Motor Keras Dan Mengatasinya

Lalu apa sih penyebab rem cakram motor terasa keras contohnya macet ketika tuas rem ditekan ?

Penyebab kenapa rem cakram terasa keras saat tuas rem ditekan ini diakibatkan oleh 2 hal, yang pertama adalah pen caliper yang berkarat sehingga kaliper rem tidak bisa maju mundur, kemudian penyebab rem cakram motor keras selanjutnya disebabkan komponen piston yang bertugas untuk mendorong kampas rem dan menjepit piringan cakram ini macet.

Macetnya pen kaliper ini biasa ditimbulkan karena kebengkokan ataupun berkarat, sedangkan buat piston rem cakram sendiri diakibatkan adanya air yang masuk kedalam lapisan karet seal pelindung ( dust boot ) piston yg telah rusak / berlubang, menjadi akibatnya air yg menerobos masuk ini dikemudian hari mengakibatkan zat oksidasi.

Baca juga : Tehnik pengereman pada motor yang wajib kamu tahu

Untuk mengatasi hal ini yg perlu kalian lakukan merupakan melakukan pembongkaran dalam bagian piston rem, kemudian memeriksa kelurusan pen kaliper dan membersihkannya, menggosok zat oksidasi yg masih ada di bagian piston rem pula di rumah piston dengan menggunakan amplas halus atau amplas OH sampai karat tadi menghilang & membarui karet seal kaliper yang sudah rusak tadi dengan karet seal yg baru.

Setelah penggantian komponen selesai, langkah terakhir adalah melakukan bleding minyak rem supaya nir masuk angin. Untuk melakukan bleding ini sebaiknya dilakukan sang 2 orang supaya hasilnya aporisma . Caranya adalah keliru orang pertama memainkan tuas rem sembari menambah dan menjaga supaya master atas nir kehabisan minyak rem. Selanjutnya orang ke 2 membuka baut nipel yang berada di kaliper rem, hal ini bertujun supaya minyak rem menurut master atas terdorong

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • Pastikan tidak ada minyak rem yang mengenai cat motor, sebab minyak rem ini sifatnya keras dan sangat korosif terhadap cat. Jika cat motor sampai terkena minyak rem, sesegera mungkin bilas dengan air biasa agar minyak rem tadi terangkat ( minyak rem bisa menyatu dengan air ).
  • Jika anda bingung dan tidak bisa melakukannya sendiri dirumah, sebaiknya serahkan ke bengkel langganan anda untuk penanganan yang lebih baik.

Baca juga : Nih penjelasan kenapa rem cakram floating didesain agak oblak

Posting Komentar

0 Komentar